Sabtu 14 Jan 2017 19:13 WIB

POMNAS 2017 di Makassar Pertandingan 15 Cabor

Selam akan diperlombakan sebagai cabang olahraga ekshibisi pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2017 di Makssar pada Oktober.
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Selam akan diperlombakan sebagai cabang olahraga ekshibisi pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2017 di Makssar pada Oktober.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sulawesi Selatan selaku penyelenggara menyatakan kesiapannya mempertandingkan 15 cabang olahraga (cabor) pada Pekan Olahraga Nasional Mahasiswa (Pomnas) di Makassar, Sulawesi Selatan, Oktober 2017.

Sekretaris Umum Bapomi Sulsel Ilham Jaya menyatakan, 15 cabor itu terdiri dari 13 yang dipertandingkan secara resmi dan dua lainnya akan diperlombakan secara eksibisi pada Pomnas 2017.

"Untuk sementara ini sudah disepakati untuk mempertandingkan sebanyak 15 cabang olahraga. Kami tentunya siap menggelar dan menyukseskan pelaksanaanya ke depan," kata dia di Makassar, Sabtu (14/1).

Adapun untuk 15 cabor yang nanti dipertandingkan pada ajang olahraga mahasiswa terbesar di Indonesia itu, yakni atletik, renang, bola voli, bola basket, futsal, sepak takraw, pencak silat, karate, petanque, tenis lapangan, catur, kempo, tarung derajat, selam dan dayung. Dua cabor terakhir akan dipertandingkan secara eksibisi pada pelaksanaan tahun ini.

Sebagai tuan rumah, kata dia, kontingen Sulawesi Selatan dipastikan akan tampil pada seluruh cabor. Pihaknya juga tidak ada masalah karena 15 cabang olahraga itu memang memiliki atlet yang bisa diunggulkan untuk merebut medali Pomnas 2017.

Pihaknya juga berharap dengan keterlibatan atlet pada setiap cabor semakin membuka peluang Sulsel untuk meraih prestasi terbaik. Ini juga sebagai momentum karena tidak harus mengeluarkan biaya transportasi setelah tampil sebagai tuan rumah.

Kondisi anggaran memang sebelumnya menjadi kendala bagi kontingen Sulsel. Seperti halnya pada pelaksanaaan Pomnas di Aceh, pihaknya terpaksa memangkas jumlah cabor dan atlet untuk menutupi anggaran pemberangkatan.

"Pengrrov Bapomi Sulsel sebagai tuan rumah tentu tidak ingin menyia-nyiakan untuk memaksimalkan. Termasuk dengan mengikuti seluruh cabor yang dipertandingkan,"ujarnya.

Provinsi Sulawesi Selatan yang sebelumnya telah diputuskan sebagai tuan rumah telah menyatakan kesiapannya untuk menggelar dan menyukseskan ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional pada 2017 di Makassar. 

Sulsel juga menjadi satu-satunya provinsi yang mengajukan diri menjadi calon tuan rumah. Pelaksanaan Pomnas di Makassar diharapkan bisa memicu peningkatan prestasi atlet muda di Sulsel di masa depan.

Bapomi Sulsel siap memanfaatkan infrastruktur olahraga yang sudah tersedia di Makassar untuk mempertandingan seluruh cabor di Pomnas 2017.

Adapun venue yang sudah siap menjadi lokasi pertadingan di antaranya Gelanggang Olahraga Remaja Mattoanging, GOR Sudiang termasuk GOR Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement