Kamis 19 Jan 2017 15:15 WIB

[video] Aturan Lama Penalti Ini Ingin Dihidupkan Kembali oleh FIFA

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi tendangan penalti.
Foto: Reuters/Kai Pfaffenbach
Ilustrasi tendangan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH – Direktur Teknik FIFA, Marco Van Basten mengatakan bahwa saat ini induk sepak bola tertinggi di dunia tengah mempertimbangkan untuk merevisi sejumlah aturan dasar sepak bola. Pria asal Belanda mulai memikirkan bagaimana cara agar sepak bola tampil dengan wajah yang lebih segar.

Van Basten akan mengubah sejumlah aturan dasar dalam sepak bola. Salah satunya adalah aturan soal tendangan penalti yang akan diubah. FIFA akan merevisi cara penalti dengan sedikit sentuhan lama.

Jika biasanya dilakukan di titik putih yang berjarak 11 meter dari gawang, nantinya pemain diperbolehkan untuk menggiring bola terlebih dahulu dari jarak 25 meter. Namun, pemain hanya diberikan waktu delapan detik untuk menggiring sampai melakukan eksekusi.

“Anda harus membuat gol dalam waktu delapan detik, menggiringnya lalu menendang. Ini lebih dari sebuah keterampilan dan bukan soal keberuntungan," kata legenda hidup AC Milan tersebut dikutip Independent, Kamis (19/1). Liga Amerika Serikat (MLS) pada masa-masa awal kompetisi pernah mempraktikkan gaya penalti yang dimaksud Basten ini. Namun, pada 1999 aturan penalti dikembalikan kepada tendangan langsung dari titik putih 11 meter.

Berikut video penalti ala MLS pada 1996. (Sumber: Youtube)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement