Selasa 24 Jan 2017 12:10 WIB

Ini Alasan Basten Ingin Hapus Aturan Offside

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Marco van Basten
Foto: EPA/WALTER BIERI
Marco van Basten

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH – Direktur Teknik FIFA yang baru, Marco van Basten masih kukuh dengan proposalnya mengenai penghapusan aturan offside. Menurut van Basten, aturan offside selama ini harus dihapuskan karena membuat permainan di lapangan menjadi membingungkan.

Bahkan menurutnya, terlalu banyak kontroversi dalam aturan offside yang membuat permainan menjadi kurang jujur. Justru baginya, penghapusan aturan offside akan membuat sebuah tim semakin baik dan intens dalam melakukan serangan.

Imbasnya, para penonton pun akan lebih terpuaskan dalam menyaksikan sepak bola yang penuh serangan. "Jika ada yang bertanya mengenai pendapat saya, tentu saja lebih baik tidak usah ada aturan, saya yakin soal itu," tegas van Basten kepada Voetbal Internatinational dikutip Selasa (24/1).

Legenda sepak bola Belanda ini tak menampik, perubahan yang ia ajukan berpotensi mengundang banyak cercaan. Dia juga berpikir, mungkin bisa saja nanti para striker bermain seperti anak-anak dengan hanya menunggu bola di depan gawang lawan sepanjang laga untuk mencetak gol.

Namun Van Basten merasa yakin, hal tersebut tidak akan terlalu sering terjadi. Malah menurutnya, akan banyak kreativitas bermunculan dalam usaha sebuah tim membuat gol. "Saya akan membawa proposal ini ke Dewan Pertimbangan lalu kita lihat apakah Maret nanti akan disetujui atau tidak," kata eks pemain terbaik dunia 1992 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement