Rabu 25 Jan 2017 09:36 WIB

'Rekor Rooney tak Bisa Dipecahkan'

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Striker Manchester United, Wayne Rooney menjadi salah satu top skorer sepanjang sejarah klub seusai mencetak gol pada laga Piala FA lawan Reading, Sabtu (7/1).
Foto: REUTERS/Jason Cairnduff
Striker Manchester United, Wayne Rooney menjadi salah satu top skorer sepanjang sejarah klub seusai mencetak gol pada laga Piala FA lawan Reading, Sabtu (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Bintang Manchester United, Wayne Rooney sudah mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak Iblis Merah sepanjang masa. Rooney berhasil menumbangkan rekor yang selama 44 tahun dipegang oleh legenda United, Sir Bobby Charlton. Rooney telah mencetak 250 gol, unggul satu dari Bobby Charlton dengan 249 gol.

Mantan pelatih Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson menilai rekor Rooney tidak akan terpecahkan. Menurutnya, saat membuat rekor 249 gol untuk United, Bobby Charlton sudah melakoni 758 pertandingan dan saat itu umurnya sudah 35 tahun.

Saat ini, Rooney baru menginjak usia 31 tahun dan baru melakoni 546 laga bersama Iblis Merah sejak didatangkan dari Everton pada usia 18 tahun dengan nilai transfer 27 juta pound.

Kontrak Rooney juga masih berjalan hingga 2018 nanti bersama United. Artinya, jika Rooney tetap menjalani laga bersama United dan terus mencetak gol, rekor yang dibuatnya tidak mungkin dipecahkan pemain lain di masa mendatang.

“Dalam pertandingan masa kini, sulit melihat klub manapun memiliki pemain yang bisa tinggal bersama mereka selama 10 tahun,” tutur Ferguson dikutip dari BBC Sport, Rabu (25/1).

Meskipun, peluang untuk memecahkan rekor yang dimiliki Rooney sudah ada. Yaitu saat pelatih Manchester United, Jose Mourinho memberi tempat pada pemain binaan United, Marcus Rashford untuk masuk skuat utama.

“Ini adalah kesempatan untuk pemain muda ini juga dia tetap di United dan mengembangkan potensinya dengan cara yang pernah dilakukan Rooney. Tapi ini target yang sangat besar,” tegas dia.

Menurut pelatih asal Skotlandia ini, dia pernah berpikir rekor yang ditorehkan Sir Bobby Charlton sangat besar. Fergie tidak berpikir siapa pun dapat memecahkan rekor itu, namun hal ini terbukti keliru pada laga United melawan Stoke City, Sabtu (21/1) pekan lalu. Rooney berhasil membuktikan dirinya sebagai pemain tersubur yang pernah dimiliki United. 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 5 4 1 0 13 8 13
2 Liverpool Liverpool 5 4 0 1 10 9 12
3 Aston Villa Aston Villa 5 4 0 1 10 3 12
4 Arsenal Arsenal 5 3 2 0 8 5 11
5 Chelsea Chelsea 5 3 1 1 11 6 10
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement