Kamis 02 Feb 2017 20:23 WIB

MLS Tambah Peserta Jadi 28 Tim

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
MLS
Foto: theshinguardian.com
MLS

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Major League Soccer (MLS) akan membuat gebrakan untuk kompetisi tertinggi sepak bola negara AS dan Kanada. MLS berencana akan menambah peserta menjadi 28 tim. Saat ini MLS terbagi dalam dua wilayah. Satu wilayah terdiri dari 11 tim. 

Dengan adanya rencana menambah peserta MLS, sejumlah kelompok pengusaha juga ingin ikut membangun tim untuk menjadi peserta. 

Komisaris MLS Don Garber mengatakan penambahan klub peserta MLS karena tingginya permintaan pasar terhadap sepak bola.

"Karena permintaan untuk ekspansi semakin banyak. Dalam beberapa bulan ke depan kami akan memproses ekspansi untuk MLS ini," kata Garber, dikutip dari mlssoccer.com, Kamis (2/2).

Sejak klub-klub negeri paman Sam mendatangkan bintang-bintang kelas dunia seperti David Beckham, Steven Gerrard, Andrea Pirlo, Kaka dan lain-lain kecintaan masyarakat AS terhadap sepak bola semakin meningkat. sehingga banyak pengusaha dan taipan di negara tersebut ingin berinvestasi lebih untuk sepak bola.

Klub yang telah lebih dulu eksis juga tak mau ketinggalan. DC United misalnya, terus bergerak memuluskan pembangunan stadion baru mereka di Buzzard Point.

Berikut adalah 12 kelompok pengusaha dari 12 kota yang berbeda yang sudah mengajukan diri untuk berekspansi ke MLS:

1. Charlotte

Kota Charlotte diwakili oleh pengusaha olahraga Marcus Smith. Ia selama ini menjabat sebagai Presiden dari Speedway Motorsports. Smith dan kawan-kawan menawarkan untuk mengambil alih klub Queen City

2. Nashville

Kota dari  negara bagian Tennessee  ini langsung dipimpin oleh walikota  Megan Barry untuk mengupayakan adanya klub dari tempat mereka berkompetisi di MLS. Barry didukung oleh Ketua Ingram Industri John Ingram, bekas Komisaris Pembangunan Ekonomi Kota Tennessee Bill Hagerty dalam membangun sebuah klub.

3. Indianapolis

Aplikasi kelompok pengusaha Indianapolis di moroti oleh Ersal Ozdemir. Ia adalah pendiri dan pemilik Indy Eleven. Ersal juga merupakan CEO dari Keystone Realty Group. Indianapolis juga didukung oleh Ketua National Bank of Indianapolis dan IBJ Corp Mickey Maurer, presiden dan CEO  Heritage Jeff Laborsky, CEO Elwood Staffing Mark Elwood, dan pendiri dan pemilik Mohr Auto Group Andy Mohr. 

4. Detroit

Pemilik klub basket NBA Detroit Pistons Tom Gores juga tak mau ketinggalan dalam ekspansi ke MLS. Pria yang juga CEO dari Platinum Equity ini bekerja sama dengan pemilik Cleveland Cavalliers Dan Gilbert. Gilbert punya kekuatan uang karena ia merupakan pendiri dan pemimpin grup Quicken Loans dan Rock Ventures. Mereka sudah mempersiapkan stadion dengan kapasitas 23.000 yang berlokasi di pusat olahraga dan hiburan Kota Detroit. 

5. Phoenix

Phoenix sudah memiliki klub dengan nama Phoenix Rising FC. Phoenix memiliki dukungan dari 45 orang pimpinan partai politik. Selain itu juga disokong oleh beberapa pengusaha asli Phoenix. Mereka adalah CEO Benevolent Capital Brett Johnson, Managing Direktur JLL Mark detmer, CEO Riester Tim Riester dan David Rappaport yang membawahi Phelps & Phillips.

6. St Louis

Pemilik klub NBA Boston Celtics Paul Edgerley turut mengajukan permohonan  untuk bergabung ke MLS. Klub St Louis ini akan digerakkan Edgerley bekerja sama dengan CEO of World Wide Technology Jim Kavanaugh, managing director dari Tortoise Capital Terry Matlack dan mantan Presiden  Anheuser-Busch,  Dave Peacock.

7. San Antonio

San Antonio juga ingin mengembangkan olahraga sepak bola di kota mereka yang selama ini didominasi oleh bola basket. Pengembagan sepak bola dibantu oleh petinggi klub basket San Antonio Spurs. Mereka akan mengembangkan klub yang sudah ada yakni San Antonio FC

8. Sacramento 

Pendiri Soccer & Entertainment Kevin Nagle mengajukan tawaran ekspansi ke MLS dengan mengajak rekan-rekannya, yakni Presiden dan CEO Hewlett Packard Enterprises Meg Whitman, profesor ahli bedah dari Universitas Stanford Griff Harsh dan sejumlah pengusaha lain yang selama ini mendanai klub NBA Sacramento Kings

9. Durham

Durham ikut berekspansi lewat klub bernama North Carolina FC. Klub ini dimiliki oleh Steve Malik. North Carolina tinggal menyelesaikan realisasi tentang pembangunan stadion baru.

10. Cincinnati

FC Cincinnati yang dipimpin  Carl H. Lindner III sudah mengajukan proposal ke MLS. Klub ini didanai oleh Lindner seorang dari grup usahanya bernama Amerika Financial Group

11. Tampa Bay/St. Petersburg

Tanpa Bay mendapatkan 200 surat dukungan yang dihimpun dari politikus dan selebritis lokal kota St Peterseburg. Namun proposal mereka dtertulis di bawah pimpinan Bill Edwards yang merupakan CEO Rowdies Grup.

12. San Diego

Klub San Diego akan didanai oleh presiden Qualcomm Steve Altman, Pendiri Bridgewest Group Masood Tayeb dan sejumlah investor lokal lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement