Jumat 03 Feb 2017 08:01 WIB

Ini Rekor Lampard Selama Menjadi Pesepak Bola Profesional

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Frank Lampard
Foto: EPA/ANDY RAIN
Frank Lampard

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Mantan gelandang Chelsea dan tim nasional Inggris, Frank Lampard akhirnya menyatakan pensiun pada usia 38 tahun. Lampard sudah melakoni karier sepakbola profesionalnya selama 21 tahun.

Sosoknya menjadi legenda dalam tim asal Kota London, Chelsea. Ia didatangkan Chelsea pada 2001 dari West Ham United.

Bersama Chelsea, Lampard menjadi salah satu gelandang terbaik di Liga Primer Inggris. Dia sudah membuat 649 penampilan dan 211 gol bersama tim London Biru. Ia menjelma sosok yang paling dihormati di klub Chelsea. Memberikan 11 gelar pada klub selama kariernya. Antara lain, gelar Liga Primer Inggris dan Liga Champion pada 2012, empat gelar Piala FA, dua Piala Liga dan dua Liga Eropa.

Selain menyumbangkan gelar, Lampard juga berhasil membuat rekor atas nama pribadinya. Dilansir dari BBC Sport, beberapa rekor yang pernah dicetak pemain bernama lengkan Frank James Lampard, antara lain menjadi pemain paling banyak ketiga yang bermain di Liga Primer Inggris yakni 609 kali. Lampard hanya kalah dari Gareth Barry (615 laga) dan Ryan Giggs (632 laga).

Lampard juga menjadi pencetak gol terbanyak keempat di Liga Primer Inggris dengan 177 gol. Ia kalah dari Alan Shearer, Andy Cole dan Wayne Rooney.

Sebagai pemain yang berposisi gelandang serang, Lampard menjadi pemain yang mencetak gol dari luar kotak penalti terbanyak (41 gol) di Liga Primer Inggris. Pria kelahiran Romford, Britania Raya juga menjadi sosok yang sudah melawan 39 tim berbeda di Liga Primer selama kariwrnya. Rekor di tim nasional Inggris dicatatkan sebagai pencetak gol terbanyak dari titik putih untuk skuat the Three Lions, yakni sembilan kali. 

Baca: Swansea Akui Goda Lampard Sebelum Pensiun

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement