Jumat 03 Feb 2017 09:46 WIB

Partisipasi Tertinggi di Piala Eropa, Juventus Diganjar Uang Terbesar

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Juventus
Juventus

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN — Juventus mendapatkan tambahan pemasukan pada awal tahun ini. Si Nyonya Tua mendapatkan 3,484 juta euro dari UEFA karena keterlibatan pemainnya pada Piala Eropa 2016.

Dilansir dari Football Italia, pendapatan sekitar 150 juta euro didapatkan dari 641 klub di Eropa dan 54 asosiasi sepak bola nasional. Pendapatan ini dibagikan dan Juventus menjadi penerima apresiasi terbanyak karena menjadi klub yang menyumbangkan pemain paling banyak terlibat pada turnamen ini.

“Ini penting dan adil memperhatikan dan menghargai klub yang melepas pemain mereka (membela negaranya masing-masing),” tutur Ketua ECA, Karl-Heinz Rummenigge dikutip Football Italia, Jumat (3/2).

Pada gelaran Piala Eropa 2016 lalu, setiap klub melepaskan pemain mereka untuk membela negaranya masing-masing. Klub-klub itu berhak menerima pendapatan untuk setiap pemain yang diizinkan dan per pertandingan yang dimainkan pemain. Skema itu diberlakukan pafda babak kualifikasi.

Untuk babak final di Piala Eropa, diterapkan skema berbeda. Yaitu, setiap klub berhak mendapatkan bayaran untuk setiap pemain yang diizinkan membela tim nasional masing-masing dihitung per hari, bukan lagi per pertandingan.

Selain Juventus, AS Roma menjadi wakil klub Liga Italia lain yang masuk dalam daftar 10 besar. Roma berada di peringkat sembilan dengan mendapatkan bayaran sekitar 2,124 juta euro. Di posisi kedua setelah Juventus, muncul klub Liga Primer Inggris, Liverpool. The Reds diikuti Tottenham Hotspur, Manchester United, Bayern Muenchen, Real Madrid, Arsenal dan Barcelona. 

Tabel Pendapatan Klub dari Piala Eropa 2016

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement