Jumat 10 Feb 2017 21:00 WIB

'Rivalitas Membuat Madrid dan Barca Jadi Tim Kuat'

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Raul Gonzalez
Foto: AP Photo/John Minchillo
Raul Gonzalez

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID – Perseteruan abadi di kancah sepak bola Spanyol, Barcelona dan Real Madrid terus meruncing dalam 10 tahun terakhir. Kebangkitan Barca yang mampu menjuarai Liga Champions 2006 silam mulai menganggu kestabilan Madrid. Sejak saat itu, keduanya selalu bersaing mengumpulkan gelar. Hingga saat ini, kedua tim menjelma jadi kekuatan dahsyat di antara klub lainya di benua biru.

Menurut legenda Madrid, Raul Gonzalez, keberhasilan Barca dan Los Blancos menjadi duo klub menakutkan di Eropa adalah karena adanya rivalitas di antara kedua tim. Raul berpendapat, rasa tak mau kalah antara keduanya tanpa disadari membuat Barca dan Madrid melaju pesat. "Saya tak berpikir Madrid akan menjadi Madrid yang seperti ini tanpa Barca, begitu pun sebaliknya," kata Raul dikutip dari Marca, Jumat (10/2).

Raul mengatakan, rivalitas di antara kedua tim kian tinggi dengan keberadaan Lionel Messi di Barca dan Cristiano Ronaldo di Madrid. Kedua pemain yang saling mengalahkan untuk jadi pemain terbaik di dunia ini merupakan poros utama persaingan Blaugrana dan Madrid. "Keberadaan pemain terbaik dunia ini di La Liga sangatlah baik bagi kedua tim," kata Raul.

Baca juga, Morientes: Saatnya Madrid Juara La Liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement