Jumat 17 Feb 2017 16:53 WIB

Mark Clattenburg Tinggalkan Liga Primer untuk Pindah Ke Saudi

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Israr Itah
Mark Clattenburg
Foto: EPA/FACUNDO ARRIZABALAGA
Mark Clattenburg

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Wasit Mark Clattenburg akan segera meninggalkan Liga Primer Inggris dan menerima jabatan baru di Arab Saudi sebagai kepala wasit. Sosok berusia 41 tahun itu diyakini akan meninggalkan posisinya sebelum pertandingan EPL digelar kembali atau pada 25 Februari.

Dilansir dari BBC pada Jumat (17/2), Clattenburg telah menjadi salah satu wasit terbaik di Eropa. Tahun lalu, ia memimpin pertandingan-pertandingan prestisius seperti final Piala Eropa 2016, final Liga Champions dan final Piala FA.

“Ini adalah langkah ke depan yang sangat penting. Satu hal yang ingin saya lakukan adalah bekerja dengan tim wasit dan presiden agar sukses pada masa mendatang," ujar Clattenburg.

Asosiasi Wasit Profesional Inggris (PGMOL) berharap yang terbaik untuk Mark Clattenburg. PGMOL menilai, Clattenburg adalah wasit bertalenta. Dia menjadi aset luar biasa bagi sepakbola Inggris dan diharapkan menjadi inspirasi kepada mereka yang ingin masuk ke dunia perwasitan.

Clattenburg memimpin pertandingan liga pertama pada 2000 silam, ketika dia masih berusia 25 tahun. Posisi barunya bersama Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) akan melibatkan dirinya bersama dengan wasit di Saudi lainya untuk meningkatkan performa dan profesionalitas.

Selain itu, ia juga akan terlibat dalam beberapa pertandingan di Saudi. Saat ini ia telah menandatangani kontrak satu tahun kontrak rolling. Itu artinya ia bisa diberhentikan di tengah jalan andai dinilai tak memuaskan, namun juga bisa diperpanjang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement