Sabtu 18 Feb 2017 18:28 WIB

Barito Putera Tundukkan Bali United 2-1 Lewat Gol Telat

Bek Bali United Ahn Byung-keon menyundul bola saat melawan Barito Putera dalam lanjutan Piala Presiden di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (18/2)
Foto: Dok Bali United
Bek Bali United Ahn Byung-keon menyundul bola saat melawan Barito Putera dalam lanjutan Piala Presiden di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (18/2)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Barito Putera berhasil memetik kemenangan pada laga terakhir Grup 4 Piala Presiden 2017. Tim asuhan Jacksen F Tiago ini menaklukkan tuan rumah Bali United 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (18/2) lewat gol pada injury time.

Babak pertama tuan rumah Bali United terlebih dahulu kebobolan karena penyerang Barito Putra Nazarul Fahmi berhasil mencetak gol pada menit ke-32, melalui sepakan keras yang mengarah kepojok kiri gawang Bali United yang tidak mampu diantisipasi I Made Wardana.

Tertinggal satu gol, Bali United bermain lebih agresif dan berhasil mencetak gol melalui proses sundulan yang dicetak Ahn Byung-keon pada menit ke-41.

Pada babak kedua, Bali United yang lebih mendominasi menyerang beberapa kali mendapat peluang. Irfan Bachdim melepakan sepakan kaki kiri pada menit ke-51, namun bola tendangannya mampu ditangkap penjaga gawang Barito, Ginanjar.

Selain Irfan, sejumlah pemain Bali United yang mendapat peluang melesakkan bola, yani Yandi Sofyan menit ke-52 dan menit ke-80, serta tendangan bebas Fadil Sausu menit ke-67. Irfan Bachdim bahkan mampu menjebol gawang Barito pada menit ke-85, namun dianulir wasit karena sudah berada dalam posisi offside.

Justru tim tamu yang akhirnya keluar sebagai pemenang. Tendangan keras Aron Muniz pada menit ke-92 mengarah ke pojok gawang Bali United dan berbuah gol kemenangan untuk Barito.

Kemenangan ini tak terlepas dari strategi Jacksen yang mengganti enam pemainnya sekaligus pada babak kedua dengan memasukkan David Laly, Paulo Sitanggang, Aron Muniz, Amrizal, Daniel Siogama dan M Rifqi.

Dengan hasil ini, Barito naik ke posisi kedua dengan empat poin di bawah pimpinan klasemen Sriwijaya FC. Barito harus menanti laga Sriwijaya kontra Pusamania Borneo FC untuk memastikan status sebagai runner-up. Andai menjadi runner-up, Barito juga harus menunggu klasemen akhir dari empat grup lain karena hanya ada tiga runner-up terbaik dari lima grup yang lolos ke delapan besar.

"Saya sangat bersyukur atas kemenangan ini, karena cukup dramatis dan baru dapat mencetak gol pada menit akhir," kata Jacksen.

Ia mengakui, dari pertandingan babak pertama hingga babak kedua timnya mengalami tekanan dari pemain tuan rumah. "Namun, dewi fortuna justru memihak kepada kita karena berhasil laga terakhir ini dengan kemenangan," katanya lagi.

Sementara itu, pelatih Bali United Hans Peter Schaller mengaku pertandingan kali ini cukup sulit dan beberapa kali timnya mendapat peluang, namun tidak mempu menghasilkan gol.

"Kekalahan ini akan menjadi evaluasi kami untuk membentuk tim ini lebih baik ke depannya," katanya singkat.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement