Ahad 19 Feb 2017 16:33 WIB

David Villa Dikartu Merah Setelah Wasit Melihat Tayangan Ulang

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
David Villa
Foto: EPA/Thais Llorca
David Villa

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK – Momen langka dalam dunia sepak bola dialami oleh striker senior asal Spanyol, David Villa. Eks bomber Barcelona ini mendapatkan kartu merah saat memperkuat timnya, New York City FC melawan Houston Dynamo, Ahad (19/2) dini hari WIB. Uniknya, kartu merah pemain yang mengantarkan Spanyol juara Piala Dunia 2010 ini didapatkan setelah terlebih dahulu wasit melihat siaran ulang.

Langkah itu diambil karena wasit ingin melihat apakah ada pelanggaran yang dilakukan Villa atau tidak. Hasilnya, Villa diketahui dengan sengaja menyikut wajah dari pemain bertahan lawan AJ DeLaGarza. Usai rekaman ulang dilihat, Villa lalu diganjar kartu kuning kedua dan membuatnya harus terima untuk diusir dari lapangan hijau.

"Setelah melihat video, wasit memutuskan mengeluarkan Villa. Hati-hati dengan tingkahmu," demikian cuitan dari akun resmi Houston Dynamo, Ahad (20/2). Kebijakan pemberian kartu setelah melihat tayangan ulang amat jarang terjadi. Hal ini karena FIFA belum mengaturnya secara luas pada pertandingan resmi.

Laga NY FC kontra Houston sendiri merupakan pertandingan pramusim 2017. Kritik terhadap penggunaan video masih jadi hambatan digunakannya metode ini dalam membantu keputusan wasit. Seperti yang disampaikan legenda asal Brasil, Pele. "Kita harus tetap membuat olahraga ini milik manusia, esensi sepak bola akan berkurang bila kesalahan-kesalahan manusiawi dikurangi," kata Pele dalam sebuah kesempatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement