Rabu 22 Feb 2017 22:42 WIB

Yayasan Real Foundation Jajaki Perpanjangan Kerja Sama di Samarinda

real madrid
Foto: ap
real madrid

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Real Madrid Foundation tengah menjajaki rencana perpanjangan kerja sama dengan sekolah sosial olahraga Yayasan Odah Etam Bebaya di Samarinda, Kalimantan Timur.

Ketua Yayasan Odah Etam Bebaya Akbar Ciptanto ditemui di Samarinda, Rabu (22/2), mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Real Madrid Foundation selama lima tahun. 

Selain di Samarinda, saat ini ada dua daerah lain yang menjalin kerja sama dengan yayasan klub sepak bola asal Spanyol itu, yakni di Banjarmasin dan Yogyakarta.

"Kerja sama kami dengan Real Madrid Foundation diawali pada 2011-2017, sekarang mereka datang melihat secara langsung sekolah olahraga di Samarinda yang bekerja sama dengan Real Madrid Foundation. Ini untuk memperpanjang kerja sama," ucapnya mengenai hasil kunjungan perwakilan yayasan itu di Stadion Sempaja Samarinda. 

Menurut Akbar, manfaat dari kerja sama ini adalah untuk mencari talenta muda di Kota Samarinda dan daerah lain di Kaltim dalam bidang sepak bola.

Pihaknya melakukan seleksi dan pembinaan serius, di mana dari 200 orang peserta yang mendaftar hanya memilih 100 peserta berusia 7-17 tahun yang nantinya akan digembleng oleh pelatih yang sudah mendapatkan pelatihan khusus dari klub pemilik 11 Piala Liga Champions itu. 

"Pelatih yang kita pilih telah mendapatkan pelatihan langsung oleh pelatih Real Madrid Foundation asal Spanyol yang dilaksanakan setiap tahun. Kami punya lima pelatih, jadi satu pelatih akan bertugas mendampingi 20 orang pemain yang berlatih secara rutin setiap hari Rabu dan Sabtu sore," ungkap Akbar.

Akbar juga menegaskan sekolahnya juga mengutamakan pendidikan dan pembentukan karakter. Bahkan pelatih yang bertugas dituntut untuk menggabungkan pelajaran umum dengan sepakbola. 

"Manfaatnya, anak-anak yang tidak mampu kita sekolahkan di sini gratis. Selain bermain teknik sepak bola, kita ajarkan juga tentang kesehatan. Setiap bulan kita adakan pelatihan dengan ahlinya langsung," ujarnya. 

Sekretaris Umum International Social Sport Development (ISSD) Foundation Ainul Ridha, selaku pelaksana teknis Real Madrid Foundation skala nasional yang ikut kunjungan ke Samarinda, mengatakan perpanjangan kerja sama akan dilihat berdasarkan suksesnya penerapan kurikulum, filosofi, dan model yang dikembangkan di yayasan tersebut. 

"Tujuan kita memberikan nuansa lain dari program pelatihan olahraga, menggabungkan nilai pendidikan, sosial, dan olahraga. Mungkin hasilnya tidak bisa dilihat sekarang, tapi saat mereka terjun ke masyarakat mereka bisa mengimplementasikan apa yang dia dapat dari sini," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement