Jumat 24 Feb 2017 17:35 WIB

Pemda DKI Siap Bantu Persiapan Asian Games 2018

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto mengungkapkan, sudah ada koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta untuk persiapan Asian Games 2018. Koordinasi tersebut dilaksanakan dalam rapat, Kamis (23/2), dengan pihak-pihak terkait di Balai Kota Jakarta. 

Gatot yang juga sebagai Wakil Presiden II INASGOC mengungkapkan, Pemda DKI Jakarta siap untuk membantu percepatan persiapan Asian Games 2018. “Keputusan itu mengingat kegiatan Asian Games lebih banyak diadakan di Jakarta dan sekitarnya,” kata Gatot, Jumat (24/2). 

Hal tersebut diupayakan karena masih ada sejumlah venue kompetisi dan non kompetisi yang belum tersentuh pembiayaannya oleh INASGOC maupun kementerian terkait. Olah karena itu, lanjut Gatot, Pemda DKI mempertimbangkan untuk sesegera mungkin membantu INASGOC dengan syarat harus jelas dasar hukumnya.

“Pilihan dasar hukumnya bisa menggunakan Inpres Nomor 2 Tahun 2016 atau cukup Kepres Nomor 12 Tahun 2015,” kata Gatot. hanya saja, kata dia, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menilai Kepres tersebut sudah cukup karena ada pasal yang mewajibkan seluruh kementerian, lembaga nonkementerian, pemda, dan BUMN untuk membantu perencanaan serta penganggaran penyelenggaraan Asian Games. 

Selanjutnya, jika dasar hukum nantinya sudah resmi maka Pemda DKI akan membuat kepanitiaan tersendiri yang tetap mendukung sepenuhnya kepanitiaan INASGOC. Gatot menjelaskan hal itu dilakukan dengan tujuan agar koordinasi di internal DKI bisa lebih tertata. 

Hal serupa juga sudah dilakukan oleh Pemda Sumatra Selatan sejak setahun yang lalu. “Untuk itu setiap pekan akan ada rapat rutin Pemda DKI khusus masalah Asian Games ini,” ujar Gatot. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement