Sabtu 04 Mar 2017 09:29 WIB

Eks Bintang Barcelona Ingin Sampaoli Gantikan Enrique

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Jorge Sampaoli
Foto: EPA/RAUL CARO
Jorge Sampaoli

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Luis Enrique sudah membuat keputusan bulat untuk hengkang dari Barcelona akhir musim ini. Sejumlah nama pengganti pun terus mencuat sejak Enrique mengumumkan keputusannya beberapa hari yang lalu.

Mantan penyerang Barcelona Hristo Stoichkov ikut mengajukan nama untuk menduduki kursi pelatih Los Cules musim depan. Stoichkov mengatakan, pelatih Sevilla saat ini, Jorge Sampaoli menjadi orang yang tepat sebagai jadi juru taktik Barca.

"Jika keputusan ada di saya, maka saya akan menunjuk Sampaoli untuk jadi pelatih Barca," kata Stoichkov kepada Diario Ole, dikutip Sabtu (4/3).

Pensiunan pemain yang pernah memperkuat Barca selama tujuh musim pada era 1990-an ini mengatakan, Sampaoli sudah teruji punya kemampuan hebat dalam hal melatih. Gelar juara Copa America 2015 untuk timnas Cile sukses dipersembahkan.

Selain itu, pelatih asal Argentina tersebut juga sukses membawa Sevilla jadi tim kuat musim ini dengan menempati posisi ketiga klasemen sementara La Liga Spanyol. Sampai pekan ke-25, Sevilla punya 55 angka, tertinggal dua dari Barca yang ada di puncak klasemen. Selain itu, Sevilla juga masih bertarung di Liga Champions dan berpeluang lolos ke perempat final berkat kemenangan 2-1 atas Leicester City pada duel leg pertama babak 16 besar.

"Dia punya mental juara luar biasa. Caranya melatih sangat fantastis," kata Stoichkov.

Sebelum Sampaoli mencuat, sejumlah nama pelatih santer dikabarkan akan menangani Lionel Messi dan kawan-kawan. Seperti Ronald Koeman, Mauricio Pochettino dan Ernesto Valverde. Belakang nama Laurent Blanc juga muncul.

Sampaoli sudah ditanyai tanggapannya soal kemungkinan dia akan melatih Barca. Namun, pelatih berkepala plontos itu menegaskan dia punya kontrak panjang dengan Sevilla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement