Ahad 05 Mar 2017 21:18 WIB
Piala Presiden 2017

Persib Kalah Adu Penalti, Pusamania ke Final

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Logo leg kedua semifinal Piala Presiden 2017, Persib Bandung vs Pusamania Borneo FC.
Foto: Twitter/@piala_presiden
Logo leg kedua semifinal Piala Presiden 2017, Persib Bandung vs Pusamania Borneo FC.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pusamania Borneo (PB) FC melaju ke babak final Piala Presiden 2017 usai membikin malu tuan rumah Persib Bandung. Laga kedua kesebelasan pada leg kedua semifinal, pada Ahad (5/3) berakhir dengan skor akhir 5-3 lewat adu penalti.

Saat laga di stadion Si jalak Harupat, Bandung, kedua kesebelasan sebetulnya mengakhiri pertandingan normal dengan skor 2-1. Dua gol Maung Bandung, dibikin oleh Shohie Matsunaga pada babak pertama dan Atep, pada menit ke-72 babak kedua. Sedangkan gol milik PBFC, milik Kohn Glay pada menit ke-53, babak kedua.

Persib menang atas PBFC kali ini. Tapi, skor tersebut, membuat agregat menjadi 3-3. Itu lantaran, pada laga kedua kesebelasan pada leg pertama di stadion Segiri, Selasa (2/3) berakhir dengan skor 2-1. PBFC menang atas Persib ketika itu. Skor agregat yang berimbang, membuat kedua kesebelasan melakukan pertandingan babak tambahan selama 2 x 15 menit.

Akan tetapi, dari babak tambahan tersebut, papan skor pun tak berubah. Skor tetap 2-1 dan agregat tetap 3-3. Hasil itu memaksa kedua kesebelasan melakukan adu penalti. Adu tendangan 12 pas kali ini, menjadi pahit bagi Persib sebagai juara bertahan.

Sementara bagi skuat berjuluk Pesut Etam, ini menjadi adu penalti kedua kalinya yang mereka hadapi selama Piala Presiden. PBFC seperti bak sudah pengalaman beradu 12 pas, karena pada perempat final, kesebelasan asuhan Ricky Nelson tersebut, juga lolos ke fase empat besar setelah menang adu penalti dari Madura United (MU).

Adu penalti melawan Persib, para pemain PBFC tak gentar meski dihadapan lebih dari 10 ribu Bobotoh, pendukung Maung Bandung. Dari lima eksekutor Pesut Etam, semuanya mampu menundukkan penjaga gawang I Made Wirawan. Sementara dari empat eksekutor Persib, satu di antaranya, yakni Kim Jeffrey Kurniawan, gagal menundukkan penjaga gawang Wawan Hendrawan.

Kim gagal ketika Persib melakukan eksekusi ketiga. Meski ekeskutor keempat tuan rumah, Febri Hariyadi berhasil melakukan eksekusi. Namun, penendang terakhir PBFC, Dirkir Kohn Glay, memastikan kemenangan timnya atas Persib. Skor adu penalti berakhir 5-3. Hasil tersebut, memastikan kesebelasan dari Kalimantan Timur (Kaltim) itu, melaju ke babak final Piala Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement