Senin 06 Mar 2017 12:04 WIB

Belasan Gol Kylian Mbappe Warnai Kebangkitan AS Monaco

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Kylian Mbappe (kiri)
Foto: EPA/NIGEL RODDIS
Kylian Mbappe (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, AS Monaco tampil hebat musim ini. Tim asuhan Leonardi Jardim itu kokoh di puncak klasemen sementara Ligue 1 dengan nilai 65. Radamel Falcao dan kawan-kawan unggul tiga angka dari juara bertahan Paris Saint-Germain (PSG).

Mungkin pecinta sepak bola pada umumnya melihat bangkitnya asa merengkuh gelar juara Les Monegasques karena kembalinya ketajaman bintang asal Kolombia Falcao. Striker yang pernah membela Manchester United dan Chelsea itu, sejauh ini sudah mencetak 16 gol dan tiga assist di Ligue 1. Ada juga Valere Germain yang juga tajam usai dipulangkan dari OGC Nice.

Namun, sebenarnya kebangkitan Monaco terletak pada kejeniusan Jardim sebagai perancang strategi. Ia kini mampu mengobarkan semangat tim yang bermarkas di Stade Louis II itu untuk memenangkan Ligue 1. Trofi yang terakhir dimenangkan Monaco tahun 2000 lalu.

Dalam kampanye Si Merah Putih musim ini, Jardim ternyata tidak hanya mengandalkan Falcao dan Germain sebagai perusak garis pertahanan. Monaco punya bintang muda Kylian Mbappe Lottin. Striker asli Prancis yang baru berusia 18 tahun tiga bulan. Mbappe baru saja memberikan kontribusi besar dalam kemenangan 4-0 Monaco atas Nantes. Di laga itu, Mbappe mencetak sepasang gol.

Jadinya musim ini, pemain didikan Monaco Junior itu sekarang sudah mencetak sembilan gol di Ligue 1. Jumlah yang sama dengan lesakkan Germain. Total pemain kelahiran Kota Paris itu musim ini sudah mencetak 13 gol dari 27 laga. Jumlah yang lebih dari cukup untuk ukuran penyerang 18 tahun.

Produktivitas Les Rogues et Blancs mencetak bibit-bibit striker andal sudah tidak mengejutkan. Thierry Henry, Emmanuel Adebayor, Anthony Martial merupakan striker-striker top dunia yang dididik oleh Monaco. Mbappe pun diprediksi akan jadi penerus nama-nama top tersebut.

Dikutip dari Daily Express, Senin (6/3), ternyata bakat Mbappe sudah banyak terpantau oleh pelatih-pelatih klub top Eropa. Arsene Wenger yang punya daya endus striker Prancis menjadi yang pertama pasang kuda-kuda mendapatkan servis Mbappe.

Tim Meriam London siap membayar mahal untuk striker bertinggi badan 178 cm tersebut. Nama yang mulai bersinar memuat Monaco sadar Mbappe dapat jadi aset yang dapat memberi banyak keuntungan. Harga Mbappe ditaksir sudah mencapai 47 juta poundsterling.

Wenger mengincar Mbappe, karena ia merasa akan ditinggalkan oleh dua striker The Gunners. Olivier Giroud dan Alexis Sanchez mendekati pintu keluar. Giroud didekati oleh Olimpique Marseille. Adapun, Sanchez punya kans besar merapat ke Italia bersama Juventus. Jadi Wenger ingin Mbappe menjadi ‘The New’ Henry buat fan Arsenal.

Arsenal tak sendirian memburu Mbappe. Pelatih top asal Prancis lainnya Zinedine Zidane tertarik juga membawa Mbappe ke Real Madrid. Sama dengan Wenger, Zidane ingin memproyeksikan Mbappe untuk mengantisipasi kepergian Karim Benzema dan Alvaro Morata.

Ketajaman dua striker itu pada musim ini kurang memuaskan Zidane. Jika Madrid tertarik, mahar 47 juta poundsterling pastinya bukanlah hal yang berat buat klub yang dipimpin Presiden Florentino Perez ini. Kita tunggu saja kelanjutan kisah sukses Mbappe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement