Rabu 08 Mar 2017 15:34 WIB

Indra Sjafri Uji VO2 Max Peserta Seleksi Timnas U-19

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.
Foto: ANTARA
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU – Pelatih tim nasional (timnas) U-19 Indra Sjafri menggelar tes fisik dalam seleksi tim di stadion Utama Riau, Pekanbaru, Rabu (8/3). Tes fisik untuk mengetahui daya serap tubuh terhadap oksigen (VO2 Maximum) para pemain. “Kalau fisik kita harus tahu basic kondisi mereka, VO2 Max mereka," kata Indra, Rabu.

VO2 Max merupakan indikator kebugaran pemain berdasarkan kemampuan daya serap tubuh terhadap oksigen. Angka idela untuk pemain muda timnas U-19 harus di atas 60. "Standar saya sama," ujarnya saat ditanya secara rinci VO2 Max yang diharapkan dari seleksi tersebut.

Pelatih yang pernah membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 ini mengatakan, dirinya membagi tiga sesi tes dalam dua hari seleksi timnas U-19 pada Rabu hari ini dan Kamis besok. Pada dua sesi tes itu  akan diikuti 33 pesepak bola muda.  "Pagi hari ini materinya tes psikotes, fisik terus tes kesehatan," ujarnya.

Kemudian pada sore, proses seleksi dilanjutkan dengan mengamati kemampuan, taktik. dan keahlian para pesepakbola belia dalam mengolah si kulit bundar. “Internal game dengan format 11 lawan 11. Kita amati kemampuan mereka, skill dan taktikal mereka," urainya.

Indra menjelaskan, dalam latihan hari pertama ini, selain untuk mengetahui VO2 Max para pemain, jajaran pelatih timnas U-19 juga akan mengetahui riwayat kesehatan pesepak bola yang mayoritas berusia dibawah 18 tahun itu.  "Nanti semuanya tercermin, kondisi (kesehatan) mereka, apakah pernah cedera atau tidak, mentalitas termasuk kepribadian," jelasnya.

Indra tidak menjelaskan berapa banyak pemain muda yang akan dibawa ke seleksi nasional mendatang. Dia hanya mengatakan, pemain yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan berpeluang mengikuti seleksi lanjutan di Jakarta.

Sekretaris Umum PSSI Riau, Zulfahmi Adrian mengatakan, sebanyak 33 pemain yang lolos seleksi di lima provinsi mengikuti seleksi tersebut. Mereka berasal dari Provinsi Riau, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Kepulauan Riau. "Masing-masing provinsi ada sekitar lima hingga enam pemain. Khusus Riau, ada 13 pemain yang akan diseleksi," jelasnya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement