Kamis 23 Mar 2017 10:52 WIB

Hanya Barcelona yang Menyumbang Uang ke Chapecoense

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Barcelona
Foto: Reuters
Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, CHAPECO — Barcelona menjadu satu-satunya klub yang memberikan bantuan keuangan pada klub Chapecoense. Klub Brasil itu mengalami bencana kecelakaan pesawat yang menewaskan sebagian besar pemain dan staf pelatih mereka di dekat Kota Medellin, Kolombia.

Presiden klub Chapecoense, Plinio David de Nes Filho mengungkapkan, hanya Barcelona yang menunjukkan solidaritasnya dengan menyumbang sejumlah uang untuk membangun kembali klub ini. Barcelona juga mengundang Chape untuk bermain dalam laga Trofi Joan Gamper musim panas mendatang di Camp Nou. Pertandingan itu untuk menghormati mereka yang tewas dalam kecelakaan pesawat itu.  

“Barcelona adalah tim pertama yang menunjukkan solidaritas dengan kami, dan untuk saat ini, mereka satu-satunya yang membantu kami secara finansial dengan mengirimkan 250 ribu euro RP 3,59 miliar),” tutur Filho dikutip dari ESPN FC, Kamis (23/3).

Dalam tragedi terbesar sepak bola yang terjadi tahun lalu, Chapecoense kehilangan 19 pemain dari 71 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat di Kolombia. Kecelakaan itu terjadi pada November 2016 saat Chapecoense dalam perjalanan melakoni laga leg pertama final Copa Sudamericana.

Sebagai bentuk solidaritas pada Chapecoense, tim-tim di Seri A Brasil meminjamkan pemain mereka pada klub kecil di selatan Brasil ini untuk menghadapi musim 2017.

Federasi Sepak Bola Brasil dan Kolombia juga telah memainkan laga persahabatan di Rio de Janeiro akhir Januari lalu untuk membantu korban kecelakaan. Filho menegaskan, pihaknya akan segera menyelesaikan rencana bertanding dengan Barcelona dalam waktu dekat ini.

“Mei nanti kita akan mendapat tanggal yang pasti, laga itu akan terjadi antara tanggal 18 dan 26 Mei,” tegas Filho. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement