Sabtu 25 Mar 2017 09:33 WIB

Argentina Bersiap Hadapi Udara Tipis di La Paz

Reaksi striker timnas Argentina, Lionel Messi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Cile di Buenos Aires, Jumat (24/3). Argentina menang 1-0.
Foto: EPA/David Fernandez
Reaksi striker timnas Argentina, Lionel Messi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Cile di Buenos Aires, Jumat (24/3). Argentina menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES – Meraih tiga angka berharga hasil kemenangan 1-0 atas Cile, pada Jumat (24/3), hanya merupakan setengah perjuangan Argentina pada bulan ini untuk mendapatkan tiket kualifikasi Piala Dunia 2018. Gol Lionel Messi dari tendangan penalti membuat Argentina kembali ke jalur setelah sempat keluar dari lima besar klasemen zona CONEMEBOL. Pada Selasa (29/3), Messi dkk akan bertandang ke La Paz untuk berhadapan dengan Bolivia.

Melawan Bolivia, Argentina mendapatkan kembali bek tengah Ramiro Funes Mori. Namun, Albiceleste akan kehilangan empat pemain akibat hukuman akumulasi kartu termasuk jenderal lapangan tengah Javier Mascherano. Sementara, bek kanan Gabriel Mercado yang merupakan pemain terbaik mereka melawan Cile, mengalami cedera otot kaki.

Pelatih Edgardo Bauza mengatakan, ia memanggil striker River Plate, Lucas Alario sebagai pengganti untuk Gonzalo Higuain yang ditangguhkan. Jelang laga lawan Bolivia juga disertai rumor kembalinya playmaker Boca Juniors, Fernando Gago ke skua Tim Tango.

Argentina lebih banyak berjuang ketika di bawah asuhan Bauza. Bauza adalah pelatih yang lebih defensif dan Messi menjadi sosok yang kurang bisa memberi ‘kesedihan’ pada lawan di lapangan. “Kami bermain menghadapi tim besar yang akhirnya menempatkan lima orang di depan (untuk mencari keseimbangan)," kata Bauza, membenarkan timnya kehilangan kendali lini tengah lawan Cile.

Argentina kini harus mempersiapkan diri untuk menghindari kekalahan dalam kondisi udara tipis La Paz yang berada sekitar 4.000 meter di atas permukaan laut. Jika meraih hasil negatif, Argentina bisa kembali tergelicir dari zona aman CONEMEBOL. "Semua orang tahu betapa sulitnya ketinggian ini," kata Bauza.

Setelah menjalani 13 dari 18 laga, Argentina kini berada di urutan ketiga dengan 22 angka. Delapan angka di belakang pemimpin klasemen Brazil dan satu angka di bawah Uruguay. Namun, Argentina hanya berselisih dan satu angka dari Kolombia, Ekuador, dan Cile di bawah mereka.

Lihat video gol Messi ke gawang Cile. (Sumber: Youtube)

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement