Sabtu 25 Mar 2017 10:14 WIB

Kalahkan Ukraina, Kroasia Kokoh di Puncak

Para pemain Kroasia merayakan gol Nicola Kalinic (tengah) pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Ukraina di Zagreb, Jumat (24/3). Kroasia menang 1-0.
Foto: EPA/Daniel Kasap
Para pemain Kroasia merayakan gol Nicola Kalinic (tengah) pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Ukraina di Zagreb, Jumat (24/3). Kroasia menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, ZAGREB – Kroasia tetap memuncaki klasemen Grup I pada kualifikasi Piala Dunia, setelah gol di babak pertama dari penyerang Nikola Kalinic membawa mereka menang 1-0 atas tamunya Ukraina, Jumat (24/3) waktu setempat. Hasil ini membawa Kroasia memuncaki klasemen grup mereka dengan 13 angka dari lima pertandingan.

Kroasia unggul tiga angka atas tim peringkat kedua Islandia yang naik satu posisi setelah menang 2-1 di Kosovo. Tim peringkat ketiga Ukraina dan Turki di peringkat keempat masing-masing mengoleksi delapan angka.

Tim tuan rumah menyia-nyiakan sejumlah peluang sebelum dan setelah sepakan keras Kalinic pada menit ke-38. Sedangkan permainan Ukraina jarang merepotkan lini belakang Kroasia pada laga yang digelar di stadion Maksimir.

Upaya Mario Mandzukic mengenai tiang gawang untuk Kroasia dan Kalinic dua kali nyaris mencetak gol sebelum ia memecah kebuntuan pada menit ke-38. Kalinic melepaskan tembakan yang tidak dapat dihentikan ke sudut atas gawang, menyusul kerja sama apik Luka Modric dan Ivan Rakitic.

Kalinic semestinya mampu menggandakan keunggulan Kroasia empat menit kemudian. Namun, kiper Andriy Pyatov menggagalkan sepakan lambung sang penyerang dari jarak 12 meter ketika gawangnya telah kosong. Di sisi lain, kiper Kroasia Danijel Subasic menepis sepasang sepakan dari jarak jauh dan bek Tin Jedvaj menyapu bola keluar garis gawang setelah kemelut di mulut gawang.

Pyatov menjadi penyelamat Ukraina pada menit-menit terakhir ketika ia menepis tembakan Modric, setelah sang gelandang melaju ke kotak penalti. Kroasia selanjutnya akan mengunjungi Islandia pada 11 Juni, sedangkan Ukraina akan melawat ke Finlandia.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement