Ahad 26 Mar 2017 04:55 WIB

Belanda Takluk di Kandang Bulgaria

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Kapten timnas Belanda Arjen Robben (kiri) saat menghadapi Bulgaria dalam laga kualifikasi iala Dunia 2018. Belanda kalah 0-2, Ahad (26/3).
Foto: AP Photo/Vadim Ghirda
Kapten timnas Belanda Arjen Robben (kiri) saat menghadapi Bulgaria dalam laga kualifikasi iala Dunia 2018. Belanda kalah 0-2, Ahad (26/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SOFIA — Belanda gagal menempel Prancis dan Swedia pada persaingan ketat Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Saat Swedia dan Prancis memetik kemenangan, Belanda justru menelan kekalahan dari Bulgaria. Tim Oranje tumbang 0-2 pada laga kelima di Stadion Vasil Levski, Sofia, Ahad (26/3).

Dengan kekalahan ini, Belanda turun ke peringkat empat klasemen Grup A. Tim asuhan Danny Blind hanya mengumpulkan nilai tujuh dari lima laga, terpaut enam angka dari Prancis di puncak klasemen dan tiga poin dari Rusia di posisi kedua.

Bulgaria bukan hanya menang, tapi juga melengserkan Belanda dari peringkat tiga klasemen. Kemenangan dua gol tanpa balas membuat skuat asuhan Petar Hubchev naik ke peringkat tiga setelah mengumpulan sembilan angka dari lima pertandingan. 

Dua gol kemenangan Bulgaria dicetak oleh striker andalan mereka, Spas Delev pada babak pertama. Delev mencetak gol pertama pada menit kelima setelah memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Belanda. Skuat Danny Blind kian terpuruk setelah Delev mencetak gol kedua pada menit ke-20.

Strategi Hubchev terbukti ampuh meredam agresivitas pemain Belanda. Bulgaria tidak membiarkan pemain Belanda membuat peluang meskipun tampil terus menyerang.

Hubchev menempatkan lima pemain di lini tengah untuk membantu pertahanan mereka dari gempuran serangan Belanda. Mereka hanya bermain dengan mengandalkan skema serangan balik melalui umpan panjang. Tim tamu jauh lebih unggul dari pengusaan bola.

Setelah tertinggal dua gol, Arjen Robben dan rekan-rekan terus melancarkan serangan ke area pertahanan Bulgaria. Meskipun mengusai 72 persen penguasaan bola, Belanda tidak mampu mencetak satu gol pun ke gawang tim tuan rumah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement