Selasa 28 Mar 2017 17:43 WIB

Messi Terancam Absen Bela Argentina Gara-Gara Ocehan ke Wasit

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Lionel Messi saat mengantarkan Argentina menaklukkan Panama 5-0 di gelaran Copa Amerika, Sabtu (11/6).
Foto: reuters
Lionel Messi saat mengantarkan Argentina menaklukkan Panama 5-0 di gelaran Copa Amerika, Sabtu (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Kapten timnas Argentina Lionel Messi terancam absen selama dua sampai empat pertandingan ke depan. Ini karena ia diduga telah berbuat tak patut dengan berkata kasar pada asisten wasit dalam kemenangan 1-0 melawan Cile pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Dilansir Marca, Selasa (28/3), Messi tertangkap kamera berkata kasar pada dua assisten pertandingan, Marceloa Vangasse dan Dewson Silva. Jika terbukti bersalah, Messi berisiko absen pada dua atau empat pertandingan Tim Tango selanjutnya melawan Bolivia, Uruguay, Venezuela, serta Peru.

Dalam pertandingan itu, Messi memang terus menjadi incaran para pemain Cile. Berkali-kali, para penggawa Cile itu berusaha menghentikan Messi dengan segala cara.

Tak heran, Messi beberapa kali memprotes wasit karena tindakan para pemain Cile tersebut. Kendati demikian, La Pulga tetap menjadi pahlawan dalam pertandingan itu dengan mencetak satu-satunya gol lewat titik putih.

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) telah menanggapi bahwa tidak ada unsur yang cukup untuk membukikan bahwa Messi mengeluarkan bahasa kasar kepada assisten wasit. 

Namun, FIFA bersikeras bahwa AFA harus menyerahkan informasi lebih lanjut kepada mereka mengenai status Messi yang tidak bersalah dalam laga yang dimainkan di Estadio Monumental tersebut.

"Berdasarkan Pasal 77, komisi disiplin memiliki yurisdiksi untuk sanksi pemain jika wasit tidak melihat agresi verbal sang pelaku (pemain sepak bola tersebut). Dan, AFA memiliki waktu hingga Selasa (28/3) waktu setempat untuk mengajukan semua bukti kasus ini dan kemudian FIFA akan membuat keputusan," tulis pernyataan resmi FIFA.

Presiden Komite Normalisasi AFA, Armando Perez mengatakan, Messi akan bermain pada dua bahkan empat laga mendatang. Ia tak melihat sang pemain bersalah.

 "Saya pikir Messi akan bermain, saya tidak melihat banyak argumen bahwa dia bersalah. Itu semua sangat aneh," tegasnya kepada TyC Sport.

Argentina saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018. Messi dan kawan-kawan telah memainkan 13 partai dengan enam kemenangan, empat kali imbang, dan tiga  kali kalah dengan torehan 22 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement