Jumat 31 Mar 2017 10:54 WIB

Catatan Unik Derby Merseyside

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Liverpool vs Everton
Foto: REPUBLIKA/Iftah Israr
Liverpool vs Everton

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Derby Liverpool atau kerap disebut derby Merseyside merupakan salah satu laga yang dinantikan oleh pecinta sepak bola Inggris. Duel kedua tim selalu berlangsung sengit demi mempertahankan gengsi masing-masing. 

Akhir pekan ini, tepatnya Sabtu (1/4) malam WIB, derby Merseyside akan berlangsung di kandang the Reds di Anfield. Berikut beberapa catatan unik dari derby Merseyside, dikutip dari 101greatgoals.

1. Derby Persahabatan

Dulunya duel Liverpool vs Everton dilabeli sebagai derby yang sangat bersahabat. Karena, walau rival sekota, antara suporter Liverpool dan Everton tetap akrab satu sama lain. Karena faktanya sangat banyak fan Liverpool dan fan Everton yang masih terikat talian darah. Hal yang kerap terjadi pada era 80-an. Fan Everton dengan corak biru berbaur dengan fans Liverpool dengan warna ciri khas merah. 

Pada suatu pertandingan di Piala Liga tahun 1984 suporter kedua tim berbaur di stadion dan kompak menyanyikan yel yel Merseyside. Mereka sama-sama menyindir fan klub Kota Manchester di mana suporter Manchester United dan Manchester City benar-benar diwarnai kebencian. 

Tapi sejak era 90-an, rivalitas derby Merseyside mulai kehilangan aroma persahabatannya. Sejak era Liga Primer keduanya mulai terlihat layaknya derby lain yang kental dengan perseteruan di dalam dan luar lapangan. 

(Baca juga: Ini Pemain yang Absen pada Derby Liverpool)

2. Derby Tetangga Sebelah

Di Inggris, derby Merseyside bisa dibilang laga tim sekota paling dekat. Stadion kedua tim hanya terpisah jarak satu kilometer. Antara Anfield dan Goodison Park hanya dibatasi Taman Stanley.

3. Kota Kolektor Terbanyak Gelar Liga Inggris

Kota Liverpool adalah pengoleksi gelar Liga Inggris paling banyak. Jika digabungkan gelar Liverpool dengan gelar Everton, Kota Liverpool sudah mengoleksi 27 trofi Liga Inggris dengan catatan Liverpool 18 gelar dan Everton sembilan. Kota Liverpool unggul dari Manchester yang baru memiliki 23 gelar juara liga. Sementara Kota London baru punya 19 trofi.

4. Derby Paling Awet

Derby Liverpool merupakan laga tim sekota paling setia sejak era 1960-an. Keduanya tidak pernah absen bertanding untuk kompetisi tertinggi di sepak bola Inggris sejak musim 1962-1963. Dipastikan tidak ada derby seawet ini di Inggris. Derby Manchester pernah beberapa kali terputus karena salah satu dari MU dan City pernah terdegradasi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement