Senin 17 Apr 2017 16:19 WIB

Belum Miliki Kitas, Essien dan Cole akan Dipanggil Imigrasi

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Michael Essien menjalani sesi latihan perdananya bersama Persib di Lapangan Lodaya, Kota Bandung, Kamis (30/3).
Foto: Mahmud Muhyidin
Michael Essien menjalani sesi latihan perdananya bersama Persib di Lapangan Lodaya, Kota Bandung, Kamis (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemain sepakbola dunia yang direkrut Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole tersandung masalah. Keduanya belum memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas) sebagai syarat orang asing yang tinggal di Indonesia.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung, Agustianur mengatakan pihaknya akan memanggil dua eks pemain Chelsea tersebut. Sehingga dokumen persyaratan tinggal sementara bisa dilengkapi.

"Dari pihak Persib sudah datang kesini saya sudah lihat surat dokumennya bahwa belum memenuhi persyaratan untuk diajukan menjadi memperoleh Surat Izin Tinggal sementara. Jadi kami akan memangg kedua pemain itu secara resmi untuk kita dalami," kata Agustianur di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung, Senin (17/4).

Menurutnya Essien dan Cole selama ini baru mengantongi izin kunjungan saja. Namun ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi keduanya untuk mendapatkan Kitas dari Imigrasi. Seperti rekomendasi sebagai tenaga kerja.

"Yang penting rekomendasi dari instansi yang lain ada, kita segera proses. Sekarang nunggu persyaratan itu, mereka ajukan ke kita, kita akan tindaklanjuti kitasnya," ujarnya.

Agus menyebutkan mulai bermainnya Essien dan Cole pada Liga 1 2017 maka keduanya telah secara resmi bekerja di Indonesia. Karenanya butuh persyaratan layaknya tenaga kerja asing sementara.

"Kan dia baru main tadi mala. Karena main dia itu. Kalau dia nggak main saya rasa mggak ada masalaah . Dia main berarti dia sudah menjalankan maka harus mewajibkan dia (Kitas)," kata dia.

Rencananya, keduanya akan dipanggil Selasa (18/4) sekaligus untuk menyelesaikan dokumen sebagai warna negara asing. Sehingga keduanya bisa tinggal sementara sesuai dengan izin yang diajukan.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement