Selasa 18 Apr 2017 12:21 WIB

Persib, Essien, dan Cole Bisa Terjerat Pasal Ini

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Andri Saubani
Pesepak bola Persib Bandung Carlton Cole (kedua kanan) dan Michael Essien (tengah) berlatih bersama tim jelang laga pembuka Go-Jek Traveloka Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/4).
Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra
Pesepak bola Persib Bandung Carlton Cole (kedua kanan) dan Michael Essien (tengah) berlatih bersama tim jelang laga pembuka Go-Jek Traveloka Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Agung Sampurno menyatakan, Persib Bandung dan dua pemain asingnya, Michael Essien dan Carlton Cole, bisa dijerat pasal 122 UU 6/2011 jika dipastikan melanggar ketentuan keimigrasian.  Pasal tersebut mengatur soal sanksi bagi pihak yang menyalahgunakan izin tinggal.

"Konsekuensinya, bisa kurungan penjara maksimum 5 tahun atau biaya denda sebesar Rp 500 juta plus deportasi, jikalau terjadi pelanggaran," kata dia saat dihubungi, Selasa (18/4). Agung memaparkan pihak Persib Bandung bisa dijerat hukuman tersebut jika berdasarkan hasil penyidikan, ditemukan bahwa pihak klub yang mengundang dan mengontrak kedua pemain dalam periode waktu tertentu. Sedangkan kedua pemain bisa dijerat hukuman itu, jika mereka datang ke Indonesia atas kemauannya sendiri.

Namun saat ini, pihak Imigrasi, dalam hal ini kKantor Imigrasi kelas I Bandung, masih melakukan penyidikan terhadap kelengkapan dokumen Essien dan Cole. Pihak klub pun sudah dijadwalkan dipanggil pada Senin (17/4) kemarin dan pada Selasa (18/4) hari ini sendiri dijadwalkan memeriksa Essien dan Cole.

"Ini sedang didalami apakah yang bersangkutan melakukan pelanggaran atau tidak. Klubnya sudah memberikan klarifikasi, proses sedang berlangsung, jadi belum bisa dibilang mereka ini punya (Kitas) atau tidak," kata dia.

Agung mengatakan, persoalan Essien dan Cole yang tidak memiliki Kitas itu baru isu. Karena itu, untuk memastikannya, penyidik dari pihak Imigrasi melakukan klarifikasi dan verifikasi atas adanya isu tersebut. "Kan baru omongannya, gosip, isu. Sekarang sedang didalami. Sejauh mana pendalamannya, mereka masih dilakukan penyidikan oleh penyidik Imigrasi," ucap dia.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement