Ahad 23 Apr 2017 15:19 WIB

10 Fakta Menarik El Clasico

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Barcelona Vs Real Madrid
Barcelona Vs Real Madrid

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pertandingan akbar La Liga yang dinantikan pecinta sepak bola dunia akan tersaji pada Senin (24/4) dini hari WIB. Real Madrid akan menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu dalam duel El Clasico.

Pertemuan keduanya sangat dinanti karena akan mempertemukan sederet pemain terbaik dunia. Akan semakin ditunggu karena memengaruhi peluang kedua tim dalam perebutan gelar juara La Liga. Saat ini, Madrid memuncaki klasemen dengan nilai 75, hanya unggul tiga angka dari Barcelona di posisi kedua. 

Di balik laga Real Madrid dan Barcelona ada beberapa fakta sejarah yang membuat pertemuan keduanya memang menarik sejak dulu. Berikut sepuluh fakta menarik duel El Clasico, dikutip dari Marca

1. Rivalitas selama 115 tahun 

Pertemuan pertama antara Real Madrid dan Barcelona terjadi pada 13 Mei 1902. Saat itu, keduanya bertemu dalan Piala Coronation yang dimenangkan Barcelona 3-1. Selanjutnya, Los Blancos memenangkan laga pertama Clasico di liga pada 17 Februari 1929 dengan skor 2-1.

2. Messi menjadi top skorer dengan dengan 21 gol 

Lionel Messi merupakan pencetak gol terbanyak untuk Barcelona dengan 21 gol dalam 33 pertandingan El Clasico yang ia lakoni. Dari 27 gol tersebut, 14 gol di antaranya dicetak Messi saat berlaga di La Liga. 

3.   Manuel Sanchiz Memiliki Penampilan Terbanyak 

Dalam laga Real Madrid melawan Barcelona, Manuel Sanchis merupakan bek dengan penampilan terbanyak. Ia bermain dalam 43 EL Clasico, 29 di antaranya berada di La Liga. Angka itu menjadi dua kali lebih banyak dari Paco Gento, yang saat ini menjadi presiden kehormatan Real Madrid serta legenda Los Blancos Raul Gonzalez.

Selanjutnya, di antara para pemain yang masih aktif, Andres Iniesta menjadi yang terbantak. Ia bermain sebanyak 34 kali. Angka itu hanya unggul satu kali dari Sergio Ramos dan Messi. 

4. Pada 1934/1935, skor 8-2 jadi jadi margin terbesar kemenangan Madrid

Rekor 8-2 muncul pada laga EL Clasico kesepuluh saat musim 1934/1935. Jamie Lazcano mencetak hattrick untuk kemenangan terbesar di Madrid. Kemenangan Barcelona terbesar di Estadio Santiago Bernabeu adalah 5-0 yang terinspirasi oleh Johan Cruyff  pada musim 1973/1974. Pada musim 2008/2009, skor terbesar dari keduanya 6-2. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement