Kamis 27 Apr 2017 00:14 WIB

Tijani Belaid, Marquee Player Sriwijaya FC

Rep: Maspril Aries/ Red: Israr Itah
Tijani Belaid
Foto: EPA/STR
Tijani Belaid

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Presiden Sriwijaya FC Dodi Reza Alex akhirnya mengumumkan nama pemain berstatus marquee player bagi klub berjuluk Laskar Wong Kito yang akan berlaga pada kompetisi Liga 1.

“Malam ini saya mengumumkan bahwa Sriwijaya FC pada kompetisi Liga 1 Indonesia 2017  menambah satu pemain asing dengan status marquee player yaitu Tijani Belaid yang berasal dari Tunisia,” tulis Dodi Reza Alex melalui akun media sosialnya pada Rabu malam (26/4).

Nama pemain ini terdengar asing di telinga pencinta sepak bola Indonesia. Menurut Dodi, Tijani adalah pemain kelahiran Paris, Prancis 29 tahun lalu. Tijani berdarah Tunisia yang lahir pada 6 September 1987. Dia memulai karier sepak bolanya di klub Paris FC, kemudian pada 2004 – 2005 bergabung dengan Inter Milan junior dan 2005 – 2008 bergabung dengan tim Inter Milan senior.

“Sekarang manajemen tengah mempersiapkan semua persyaratan administrasi serta dokumen yang diperlukan. Sabtu pagi sebelum laga melawan Persib, saya akan bertemu langsung dengan Tijani Belaid untuk menyampaikan secara langsung tentang Sriwijaya FC sebagai tim kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan,” ujar Dodi.

Menurut Dodi, manajemen Sriwijaya FC memilih Tijani sebagai marquee player selain mempunyai jam terbang berlaga di liga Eropa, juga pemain yang memiliki tinggi 180 cm tersebut dalam masa usia emas. “Sebagai pemain dia masih aktif bermain, tidak dalam kondisi cedera dan mau bekerja keras bersama-sama. Itu alasan kami akhirnya memutuskan merekrut Tijani Belaid,” kata Presiden Sriwijaya FC yang pada 2017 akan dilantik sebagai Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Tijani yang bermain pada posisi gelandang serang, sempat bergabung dengan PSV Eindhoven sebagai pemain pinjaman, kemudian membela Slavia Praha.

Pada 2011 Tijani Belaid sempat mencicipi laga pada Liga Primer Inggris dan bergabung dengan Hull City.  Kemudian hengkang ke FC Union Berlin yang berlaga di Bundesliga 2.

Setelah melalang buana ke beberapa klub di Eropa dan Afrika, pada awal 2017 Tijani Belaid berlabuh di klub Veria yang berlaga di kompetisi super liga Yunani. Di klub terlibat Tijani Belaid hanya bergabung dalam hitungan bulan sejak menandatangani kontrak 17 Januari 2017. Lalu pada April 2017, pemain yang pernah memperkuat tim nasional Tunisia pada 2006 -2009 tersebut berlabuh di Sriwijaya FC.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement