Kamis 27 Apr 2017 13:28 WIB

Melawan City Dinilai Laga Paling Penting MU Musim Ini

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho (kiri) dan Ander Herrera.
Foto: EPA/Will Oliver
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho (kiri) dan Ander Herrera.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER – Pertandingan derby paling penting musim ini. Demikian tajuk yang Ander Herrera sematkan untuk laga Manchester United (MU) kontra rival sekota Manchester City, Jumat (28/4) dini hari WIB.

Pada pertandingan yang dijadwalkan terjadi di markas City, stadion Etihad itu Iblis Merah dan the Citizens akan terlibat perebutan posisi empat besar. Siapapun yang menang, maka tim tersebut berhak atas peringkat keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Saat ini, City masih jadi pemilik kursi posisi empat klasemen dengan koleksi 64 angka. Di bawahnya, ada MU yang menempel ketat dengan tertinggal satu angka saja.

Pemain yang sudah menghuni Old Trafford sejak pertengahan 2014 ini mengatakan, jelang laga kontra City secara kasat mata kekuatan MU memang menipis. Hal itu mengacu kepada fakta cederanya sejumlah pilar utama kolektor 20 gelar Liga Inggris ini.

Setelah bulan lalu gelandang andalan Juan Mata menepi ke ruang perawatan, belakangan Marcos Rojo dan Zlatan Ibrahimovic menyusul. Tersungkurnya ketiga pemain ini menambah gemuk daftar cedera MU yang sebelumnya sudah diisi oleh duo bek tangguh Chris Smalling dan Phil Jones.

Kelima pemain ini pun dipastikan tidak akan memperkuat MU pada laga Derby of Manchester nanti. Meski demikian, Herrera menyebut secara mental justru saat ini MU sedang sangat baik.

Gelandang asal Spanyol ini mengatakan, kemenangan 2-0 atas Burnley pekan lalu jadi gambaran kekuatan mental ia dan rekan-rekannya. Mental ini pun kian tebal karena MU punya semangat untuk menjaga rekor tak pernah kalah di ajang Liga Primer Inggris yang mulai ditorehkan sejak Oktober tahun lalu.

Total, MU tak tersentuh noda kekalahan dalam 23 laga terakhir. Catatan ini menurutnya cukup membuktikan United sekarang dalam kondisi baik-baik saja meski dihantam badai cedera. "Ini akan jadi laga besar. Tugas kami adalah tidak membuat kesalahan maka kami bisa memenangkan pertandingan," ujarnya dikutip laman resmi MU, Rabu (26/4).

Mantan pemain Athletic Bilbao ini mengungkapkan, seluruh penggawa MU bertekad memenangkan laga nanti. Menurutnya, kekalahan atas City akan membuat langkah MU meraih posisi empat besar menjadi berat. "City akan menjauh dan kian kokoh di peringkat empat, itu tentu akan menyulitkan kami," kata Herrera.

Untuk itu, gelandang 27 tahun ini menyebut MU harus bisa bermain rapat melawan City yang punya filosofi permainan umpan-umpan pendek. "Kami punya pengalaman mengatasi mereka. Pertemuan pertama kami hanya terlambat sadar (paruh musim pertama liga, MU kalah 1-2 setelah pada babak pertama tertinggal 0-2), tapi kemudian terbukti kami bisa membalas mereka (menang 1-0 di ajang Piala Liga)," ujarnya.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement