Jumat 28 Apr 2017 10:10 WIB

Kebingungan Essien Mau ke Kiri Atau ke Kanan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Angga Indrawan
Pesepak bola Persib Bandung Michael Essien.
Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra
Pesepak bola Persib Bandung Michael Essien.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Suasana ceria terlihat saat Persib menggelar latihan pagi hari Jumat (28/9). Semua anggota skuat Maung Bandung terhibur dengan aksi kocak bintang Michael Essien yang masih bingung dengan bahasa Indonesia.

Beberapa sesi latihan yang digelar diawali dengan pemanasan latihan dribling, heading dan passing. Pelatih fisik Yaya Sunarya bertindak sebagai pemandu latihan.

Kejadian lucu terjadi saat Yaya mengadakan games sederhana. Dia meminta pemain-pemain membagi kelompok yang terdiri dari tiga orang. Jadi pemain disuruh mengikuti instruksi Yaya dimulai dari skiping , jumping, turning. Setelah itu ia akan menginstruksikan pemain harus berlari ke kiri atau ke kanan.

Instruksi dari Yaya ini tidak bisa ditebak. Kadang ia menyuuruh skiping terlebih dahulu. Kadang turning kadang jumping. Essien yang belum mengerti bahasa Indonesia masih bisa mengikuti instruksi Yaya jika dengan istilah inggris. Tapi ia masih bingung ketika Yaya menjahilinya di instruksi terakhir. Yaya menggunakan istilah kiri atau kanan, bukan left atau right.

Setelah instruksikan skiping, jumping, turning, Yaya sebut kiri. Essien malah lari ke kanan. Sementara rekan sekelompoknya Shohei Matsunaga dan Supardi telah berlari ke kiri. Essien berteriak mengutuk kesalahannya.

Ia tertawa. Begitu juga dengan semua pemain Persib. Setelah itu Essien minta diajarkan oleh Matsunaga untuk memahami istilah kiri atau kanan. Matsunaga adalah pemain Jepang yang sudah main di Indonesia sejak 2011 lalu. Jadi sedikit banyak gelandang serang 28 tahun itu sudah paham bahasa Indonesia.

"Kanan is right oke? Kiri is left," terang Shohei kepada Essien.

Saat menirukan gerakan Shohei pun membuat semua yang hadir di lapangan Stadion Persib tertawa. Saat bilang  ke kiri tangan Essien malah nunjuk ke kanan. "Kanan, kiri, kanan, kiri, kanan, kiri..," Essien malah joget-joget nunjuk kiri dan kanan.

Striker asal Inggris Cole pun senasib dengan Essien. Ia bingung juga ketika Yaya instruksikan kiri atau kanan. Tiga kali percobaan, Cole selalu salah. Sekali bekas pemain timnas Inggris itu terjatuh karena bingung saat Yaya bilang kanan ia malah ke kiri.

Hari ini adalah latihan terakhir Persib jelang melawan Sriwijaya FC. Si Pangeran Biru akan menjami Laskar Wong Kito di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage Bandung, Sabtu (29/4) sore WIB.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement