Sabtu 29 Apr 2017 21:20 WIB

Jinakkan Sriwijaya 2-0, Persib Petik Kemenangan Perdana

Rep: Febrian Fachri/ Red: Angga Indrawan
Winger Persib Bandung Febri Hariyadi menggocek bola dalam pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu (29/4). Pemain muda ini mencetak gol ke-2 kemenangan Persib atas Sriwijaya FC.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Winger Persib Bandung Febri Hariyadi menggocek bola dalam pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu (29/4). Pemain muda ini mencetak gol ke-2 kemenangan Persib atas Sriwijaya FC.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akhirnya mencicipi kemenangan perdana di Liga 1 Indonesia. Bermain di Stadion Galora Bandung Lautan Api, Sabtu (29/4) malam WIB, Si Maung Bandung mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0. Gol kemenangan Persib dicetak oleh Atep Rizal pada menit ke-11 dan Febri Hariyadi pada menit ke-75.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Persib di Liga 1. Dua pertandingan sebelumnya Si Maung Bandung hanya menuai hasil seri. Tambahan tiga angka menggenapkan poin Si Pangeran Biru menjadi lima. Sementara Persib duduk di peringkat dua, tertinggal dua angka dari pimpinan klasemen sementara Semen Padang.

Sejak awal Persib memeragakan permainan cepat. Memasuki menit keempat, Persib sudah mendapatkan peluang. Tantan yang bersiap menerima umpan sayap kanan Febri Hariyadi, dijatuhkan di kotak terlarang. Tapi wasit Yeni Krisdiyanto tidak menganggap sebagai pelanggaran.

Setelah tertinggal oleh gol Atep, Laskar Wong Kito mencoba mengejar ketertinggalan. Percobaan pertama Sriwijaya dilakukan oleh gelandang Manda Cingi di menit 19 yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tapi belum menemui sasaran. Empat menit kemudian Slamet Budiyanto yang mencoba peruntungan. Slamet juga menendang dari luar kotak penalti yang masih melambung di atas mistar Si Maung Bandung.

Persib pun tak puas dengan keunggulan satu gol sementara. Gelandang Dedi Kusnandar coba membantu serangan. Dado juga mengetes kemampuannya untuk tendangan luar kotak pada menit ke-29 tapi masih belum membahayakan gawang Teja Paku Alam.

Peluang emas Si Pangeran Biru menggandakan keunggulan muncul pada menit ke-34. Umpan matang Tantan usai kerja sama apik dengan Febri gagal dimanfaatkan Atep. Sundulan bekas sayap Persija Jakarta tersebut terlalu lemah. Padahal Atep sudah di mulut gawang. Sehingga Teja dengan mudah mengamankan bola.

Bekas striker Persib yang kini memperkuat Sriwijaya Hilton Moreira tak mau ketinggalan membahayakan gawang Persib. Striker kuat asal Brasil itu nyaris saja menyamakan kedudukan pada menit 35. Usai mengelabui pemain sisi kanan pertahanan Persib, Hilton menendang dari sudut sempit kotak penalti bagian dalam. Beruntung bagi Persib tendangan bekas idola bobotoh itu melenceng keluar dan hanya menggetarkan jala bagian luar gawang.

Setelah tambahan waktu dua menit injury time, wasit meniupkan peluit panjang tanda turun minum. Persib unggul sementara 1-0.

Memasuki babak kedua, pelatih Persib Djadjang Nurdjaman memasukan tenaga baru. Hen Hen digantikan dengan Wildansyah. Atep digantikan Sho Hei Matsunaga. Permainan Maung Bandung tetap dengan tempo cepat. Febri medapatkan peluang emas di menit 45. Ia sukses mengecoh kiper Sriwijaya Teja Paku Alam. Tapi Febri gagal menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong. Tendangannya melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Sriwijaya tidak tinggal diam. Striker asal Brasil Beto beraksi meliuk-liuk di kotak penalti Persib. Pemain bertahan Persib harus menjatuhkan Beto untuk menghentika aksinya. Hadiah tendangan bebas di bibir kotak penalti dieksekusi Hilton. Sayang tendangannya gagal melewati pagar betis Persib.

Pada menit ke-74. Bintang Michael Essien masuk menggantikan Tan Tan. Masuknya Essien mengubah pola permainan Persib menjadi formasi false nine. Baru semenit Essien masuk bekas bintang Chelsea itu mengawali bola dengan baik untuk terjadinya gol kedua Maung Bandung. Operan cantik Essien diterima oleh Maitimo. Maitimo kemudian memberikan umpan terobosan kepada Febri. Berdiri bebas Febri tinggal berhadapan dengan Teja. Tanpa kesulitan Febri menjebol gawang Teja untuk menggandakan keunggulan. Gol pertama Febri di Liga 1 ini membuat 21 ribu bobotoh membuat GBLa begitu bergemuruh.

Setelah Persib unggul dua gol. Permainan kemudian menjurus keras. Kedua tim kerap membuat pelanggaran. Gol Febri menjadi yang terakhir di laga ini. Persib akhirnya mengakhiri puasa kemenangan di liga. Sekaligus hadiah kemenangan kandang pertama buat bobotoh di GBLA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement