Ahad 30 Apr 2017 21:36 WIB

PSM Tumbangkan Persija 1-0

Wiljan Pluim.
Foto: ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Wiljan Pluim.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Tuan rumah PSM akhirnya mampu mengamankan tiga poin penuh setelah mengalahkan Persija Jakarta 1-0 dalam lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Ahad (30/4). Gol tunggal dipersembahkan Wiljam Pluim 10 menit menjelang waktu normal berakhir untuk membawa PSM naik ke posisi kedua klasemen dengan nilai tujuh sama dengan Semen Padang.

ermain di kandang sendiri, PSM tidak ragu mengambil inisiatif penyerangan. Menit ketiga, Juku Eja nyaris mencetak gol. Peluang diawali tendangan bebas yang didapatkan setelah pemain Persija membuat pelanggaran sedikit di luar garis 16 besar.

Sayang peluang itu belum berhasil, setelah tendangan Marck Klok yang dipercaya sebagai eksekutor hanya membentur pagar hidup Persija Jakarta. Tim tamu merespons dengan baik melalui Bruno da Silva Lopes pada saat memasuki menit ke-12. Sayang tendangannya dari luar kotak penalti hanya melambung tinggi di atas mistar gawang PSM.

Peluang itu membuat pemain Persija semakin termotivasi untuk bermain terbuka. 

Upaya itu membuat pemain PSM terpaksa harus melakukan pelanggaran. Namun seperti tendangan Klok sepakan bebas pemain Persija juga gagal berbuah gol.

Peluang matang kembali didapatkan Persija melalui Luiz Carlos pada menit ke-17. Sayang tendangan kerasnya masih bisa dihalau penjaga gawang Rivky Mokodompit.

Dominasi tim tamu terus berlanjut meski skor tetap tidak berubah 0-0 hingga wasit meniup pluit tanda berakhir babak pertama. 

Memasuki babak kedua, PSM yang tertekan dibabak pertama mencoba untuk kembali mengambil alih permainan. 

Sayang upaya ini tidak berjalan maksimal dan justru tim Persija Jakarta yang kembali nyaris unggul pada menit ke-49. Untung tendangan penyerang Persija masih membentur mistar gawang dan tidak mengubah skor. 

Beberapa menit kemudian, akhirnya PSM bisa sedikit bermain lebih lepas. Beberapa tekanan berhasil dilakukan termasuk dua sodoran Titus Bonai yang masuk menggantikan Ridwan Tawainella pada babak kedua.

Namun dua umpan silang pemain asal Papua itu gagal dijangkau Reinaldo yang ditempatkan sebagai striker utama dalam pertandingan tersebut.

Pada menit ke-72, PSM akhirnya unggul pemain, setelah Sandi Sute mendapatkan kartu kuning kedua setelah mengganjal M Rahmat. Ia terpaksa meninggalkan lapangan.

Unggul jumlah pemain membuat PSM semakin termotivasi untuk mencetak gol. Gol yang ditunggu lama akhirnya muncul juga melalui tendangan keras dari Wiljam Pluim pada menit ke-80. 

Gol ini dimulai dari umpan cantik dari Tibo ke Pluim yang tanpa kawalan, dan tanpa kesulitan melakukan tendangan keras yang gagal dijangkau penjaga gawang Persija.

Namun unggul 1-0 tidak membuat PSM bermain lebih tenang. Terbukti Zulkifli Syukur harus mendapatkan kartu kuning kedua, sehingga membuat kedua tim kembali imbang dalam jumlah pemain. 

Namun keluar Zulkifli tidak membuat PSM kebobolan dan tetap mempertahankan keunggulan hingga pertandingan usai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement