Sabtu 06 May 2017 20:29 WIB

Odemwingie, Marquee Player Paling Moncer

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Striker Madura United (MU) FC Peter Osaze Odemwingie (kanan) melewati hadangan pesepak bola Bali United (BU) FC Ahn Byungkeon (kiri) dan I Gede Sukadana dalam (tengah) saat pertandingan Liga 1 di stadion Gelora Pamelingan (SGRP) Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (16/4).
Foto: ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Striker Madura United (MU) FC Peter Osaze Odemwingie (kanan) melewati hadangan pesepak bola Bali United (BU) FC Ahn Byungkeon (kiri) dan I Gede Sukadana dalam (tengah) saat pertandingan Liga 1 di stadion Gelora Pamelingan (SGRP) Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (16/4).

REPUBLIKA.CO.ID, Pemain bintang milik Madura United, Peter Osaze Odemwingie menjadi pencetak gol terbanyak sampai tutup pekan keempat Liga 1 2017. Dari total 36 pertandingan, menjelang pekan kelima, mantan pemain Stoke City tersebut, sudah mengemas tiga gol dari empat laga yang sudah dia lakoni di kompetisi sepak bola Indonesia.

Sepertinya, Odemwingie berada di jalur pembuktiannya. Yaitu, ketika pertama kali diperkenalkan oleh menejemen Laskar Sappe Kerrap sebelum Liga 1 dimulai pada 15 April lalu. Ketika itu, mantan pemain timnas Nigeria tersebut, tak ingin sesumbar menjadi pemain terbaik di Liga Indonesia. Pun juga kata dia, tak ingin besar kepala, sebagai pemain bintang yang akan memberikan sejumlah target gol.

Akan tetapi, kata dia, ketika itu, dirinya pasti bakal lebih tajam jika dibandingkan dengan penyerang bintang dari Liga Inggris lainnya, yakni Carlton Cole yang musim ini berseragam Persib Bandung. Bahkan, pemain 35 tahun tersebut, mengatakan, dirinya akan mencetak gol lebih banyak ketimbang mantan penyerang Chelsea tersebut.

“Kalau soal bagaimana saya dengan Cole, saya akan katakan bakal mencetak gol lebih banyak dari dia," ujar Odemwingie, saat konfrensi pers perkenalannya di Jakarta, Senin (3/4). Ungkapan Odemwingie ketika itu, menjawab pertanyaan wartawan, tentang target 20 gol yang dijanjikan Cole untuk Maung Bandung, selama kompetisi nasional.

Tapi, faktanya, sampai empat laga yang sudah dilakoni, terbukti Odemwingie sudah mempunya tiga gol. Namanya, berada di daftar empat nama pencetak gol terbanyak lainnya selama Liga 1 berjalan. Gol pertamanya, terjadi saat debut menjamu Bali United. Pemain dengan angka punggung 24 tersebut, mencetak gol pada menit ke-74 babak kedua, lewat sepakan 12 pas.

Gol pertamanya ketika itu, menjadi salah satu penentu kemenangan pertama kepelatihan Mario Gome Olivera di Liga 1. Ketika itu, skor pertandingan berakhir 2-0. Gol kedua milik Odemwingie, terjadi saat klubnya menjamu Mitra Kukar Kartanegara di pekan ke-3. Pemain dengan banderol sekitar Rp 3 miliar tersebut, membawa kemenangan lewat gol cepatnya pada menit ke-2 babak pertama. Gol miliknya, juga menjadi salah satu penentu kemenangan Madura United atas Mitra Kukar, dengan skor 2-0.

Gol ketika milik Odemwingie, terjadi pada pekan keempat Liga 1, Kamis (3/5). Laga di Stadion Patriot Bekasi ketika itu, berakhir dengan skor tipis 0-1. Dan satu-satunya gol yang terjadi ketika itu, lewat sepakan keras Odemwingie dari tengah lapangan.

Selain Odemwingie, tiga pemain lain yang juga punya catatan tiga gol sampai pekan keempat Liga 1, yakni, penyerang Mitra Kukar yang juga berstatus pemain asing, Marclei Cesar Santos. Dua pemain lainnya, bernama Indonesia, Dedik Setiawan dari Arema FC dan Boaz Solossa dari Persipura Jayapura. 

Sementara Cole, sampai penutupan pekan keempat Liga 1, belum satu pun gol yang dia bikin. Nasib kurang beruntung, juga masih dialami pemain bintang milik Persib lainnya, yakni Michael Essien. Sampai penutup pekan keempat Liga 1, mantan gelandang the Blues tersebut, pun baru mencetak satu gol. Yaitu, ketika melawan Persib bertandang ke markas PS TNI pada pekan kedua yang pertandingan ketika itu, berakhir imbang 2-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement