Sabtu 20 May 2017 11:10 WIB

Pornaryo Sebut Dukungan Bobotoh Meriahkan Sepak Bola Nasional

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Ponaryo Astaman
Foto: FOTO ANTARA/M Agung Rajasa
Ponaryo Astaman

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Kapten Pusamania Borneo FC, Ponaryo Astaman memuji kesetiaan puluhan ribu Bobotoh terhadap Persib Bandung. Setiap kali bertanding di Kota Bandung, Ponaryo merasakan tingginya atmosfer yang diciptakan suporter Maung Bandung.

Menurut dia, gairah sepak bola benar-benar terasa. "Atmosfer dari bobotoh bagus untuk pertandingan, bagi saya secara pribadi sebagai pemain ini bagus, karena suasana begitu hidup," kata Pornaryo, di Graha Persib, Jumat (19/5).

Ponaryo akan memimpin pasukan Pesut Etam di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (20/3) nanti malam WIB. Persib akan menjamu Pusamania untuk pekan ketujuh Liga 1. Ponaryo sudah sangat mengenal bagimana suasana yang diciptakan oleh Bobotoh dari berbagai pelosok Jawa Barat setiap Persib main.

Pemain kelahiran Balikpapan 37 tahun lalu ini memang belum pernah main buat Si Pangeran Biru. Tapi Ia sudah hampir 20 tahun berkarier di kancah sepak bola nasional. Sejumlah klub yang dibela Ponaryo selalu bertemu dengan Maung Bandung setiap musim di berbagai ajang.

Klub yang pernah dibela bekas kapten Timnas Indonesia ini rata-rata adalah klub yang main di liga utama yang satu kompetisi dengan Persib. Sebut saja PKT Bontang, PSM Makassar, Arema Malang, Persija Jakarta, Sriwijaya FC dan kini Borneo FC. "Tekanan dari Bobotoh selalu ketat. Sama saja dari main di Stadion Siliwangi, Stadion Si Jalak Harupat atau GBLA," ujar Ponaryo.

Sebagai salah satu pemain senior yang memikirkan kemajuan sepak bola nasional, Ponaryo sangat mendukung keberadaan dan kreativitas suporter setia klub. Ponaryo meyakini sepak bola besar karena adanya penonton setia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement