Sabtu 20 May 2017 18:24 WIB

Partai Kandang Keempat Persib di GBLA Makin Sepi

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Suasana GBLA menjelang laga Persib vs Pusamania Borneo FC.
Foto: REPUBLIKA/Febrian Fachri
Suasana GBLA menjelang laga Persib vs Pusamania Borneo FC.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan melakoni pertandingan pekan ke tujuh Liga 1. Lawan yang akan dijamu Maung Bandung adalah Pusamania Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (20/5). 

Laga ini merupakan kali ke empat Persib melakoni laga kandang. Pantauan Republika.co.id di stadion, jumlah penonton di tribun GBLA tidak seramai biasanya. Bangku penonton di sejumlah titik terlihat masih kosong. 

Tribun selatan bagian atas belum terisi. Ratusan kursi di antara tribun barat dan utara juga demikian belum ada yang mengisi. Tribun yang penuh hanya di selatan bagian bawah, tribun timur dan tribun utama. 

Seluruh tribun di GBLA ramai saat laga kick pembuka pekan pertama Liga 1 kala Maung Bandung menjamu Arema FC. Sekitar 40 ribu bobotoh memadati GBLA saat itu. Jumlah penonton Persib mulai berkurang sejak laga kandang kedua melawan Sriwijaya FC. Begitu juga ketika partai kandang ketiga melawan Persipura Jayapura tak semua tribun terisi. 

Untuk hari ini belum dipastikan alasan berkurangnya jumlah Bobotoh yang datang ke stadion. Berkaca dari dua laga kandang sebelumnya, banyak suporter Persib dari berbagai daerah di luar Kota Bandung mengurungkan niat datang ke GBLA lantaran keamanan terutama untuk parkir kendaraan yang kurang bagus. Kerap ada kejadian bobotoh kehilangan kendaraan dan juga kehilangan alat-alat di kendaraan seperti spion, bangku, busi sampai kebobolan mesin. 

Panpel Persib awal pekan ini kepada Republika.co.id mengatakan, sudah mengupayakan untuk meningkatkan keamanan. Mereka bekerja sama dengan pihak kepolisian Kecamatan Gedebage serta perangkat kecamatan untuk sama-sama menjaga keamanan di sekitar Stadion GBLA. Panpel juga melibatkan masyarakat untuk turut berkontribusi demi keamanan bersama. Tapi belum bisa dipastikan apakah upaya tersebut efektif atau tidak. 

Selain soal keamanan, Bobotoh juga sudah dua kali membuat manajemen klub terkena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Karena adanya kejadian flare yang menyala saat pertandingan berlangsung kala Persib melawan Arema FC dan Persipura Jayapura. Total, Maung Bandung sudah dikenai denda Rp 50 juta. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement