Ahad 21 May 2017 08:11 WIB

Resmi Pensiun, Perasaan Xabi Alonso Campur Aduk

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ilham
Xabi Alonso
Foto: EPA/KIKO HUESCA
Xabi Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Xabi Alonso resmi menutup karier sepakbolanya usai memainkan laga teralkhir, Sabtu (20/5), malam WIB. Bermain untuk klubnya Bayern Muenchen, Alonso tampil di stadion Allianz Arena melawan Freiburg.

Usai laga, Alonso pun mengungkapkan perasaannya. "Saya sangat bahagia bisa menyelesaikan karier sebagai pesepak bola di klub sebesar ini," kata Alonso usai laga dikutip dari Sky Sports, Ahad (21/5).

Sosok asal Spanyol ini mengungkapkan, saat memainkan laga terakhirnya, Alonso tak terlalu berkonsentrasi ke pertandingan. Ia mengatakan, tiba-tiba isi kepalanya campur aduk oleh macam-macam bayangan.

Alonso menjelaskan, pada laga tersebut ada sensasi emosi, nostalgia, melankolis, dan kesedihan saat ia berlari di atas lapangan. "Pada saat bersamaan juga ada rasa bahagia, sulit bagi saya menggambarkannya," kata Alonso.

Eks pemain Real Madrid ini pun menyatakan, untuk beberapa waktu ke depan mungkin ia merasa akan sangat sulit meninggalkan lapangan hijau. Tapi ia yakin, kehidupan harus terus berlanjut dan Alonso siap mencobanya.

"Saya ingat ketika masih anak-anak bermain sepak bola dengan ayah saya. Saya yakin anak-anak saya juga akan punya bayangan sama nantinya," kata Alonso.

Alonso menutup karier dengan mengantar Muenchen meraih gelar Bundesliga Jerman. Selain gelar bundesliga Jerman, sepanjang kariernya, Alonso sudah meraih trofi Liga Champions, La Liga Spanyol, serta Piala Eropa 2008, 2012 dan Piala Dunia 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement