Kamis 25 May 2017 21:23 WIB

Kemenpora Gelar Seremonial Kick-Off Liga Sepak Bola Pelajar 2017

Deputi III Pembudayaan dan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menjawab pertanyaan wartawan pada acara seromonial kick-off Liga Sepak Bola Pelajar (LSP) 2017.
Foto: Humas Kemenpora
Deputi III Pembudayaan dan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menjawab pertanyaan wartawan pada acara seromonial kick-off Liga Sepak Bola Pelajar (LSP) 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, KISARAN -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga menggelar seremonial kick-off Liga Sepak Bola Pelajar (LSP) U14 dan U-16 memperebutkan Piala Menpora 2017 di Stadion Mutiara Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Kamis (25/5).

Seremonial ini menandai bergulirnya kompetisi sepakbola junior bergengsi yang diikuti  372 kabupaten/kota se-Indonesia. Kick-off ditandai dengan tendangan penalti yang dilakukan secara bergantian oleh Deputi III Pembudayaan dan Olahraga, Raden Isnanta yang mewakili Menpora, Asdep Olahraga Pendidikan, Arifin Majid, serta Asdep Sentra dan SKO, Teguh Raharjo.

Turut hadir dalam seremonial kick-off tersebut adalah Direktur Usia Muda PSSI Ricky Yakobi yang mewakili Ketua Umum Letjend TNI Edy Rahmayadi dan Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Asahan, Taufik Zainal Siregar yang mewakili Bupati Taufan Gama Simatupang.

Acara pembukaan berlangsung meriah. Ribuan warga masyarakat setempat tumpah ruah memadati Stadion Mutiara. Tak ketinggalan Ketua KONI Asahan, Nurkarim Nehe dan unsur Muspida Kabupaten Asahan lainnya turut hadir meramaikan acara ini.

Diawali dengan laga pembuka antara PS Bakrie Asahan melawan Putra Tanjung Tanjung Balai, kemudian defile 24 tim peserta. Kemeriahan semakin terasa ketika 500 muda-mudi menampilkan Tarian Tao Toba Nauli. Acara ini ditutup dengan laga persahabatan antara timnas Pelajar U-16 binaan Kemenpora yang dipersiapkan ke Gothia Cup 2017 di Cina melawan PS Asahan U-15 Plus. 

Dalam sambutannya, Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta memuji kerja sama dan sinergi seluruh pemangku kepentingan sepak bola di Kabupaten Asahan. Sehingga rangkaian acara seremonial kick-off liga pelajar kali ini terlaksana dengan meriah.  

"Kick-off hari ini di Kota Kisaran adalah awal dimulainya LSP U-14 dan U-16 Piala Menpora 2017 seri kabupaten/kota. Animo masyarakat Kabupaten Asahan luar biasa. Semua stakeholder sepakbola ada di sini. Hal yang sama juga akan dilakukan kabupaten lain tentunya," kata Isnanta dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id.

Ia mengingatkan semua pihak harus bisa bersinergi untuk memajukan sepak bola di Tanah Air. "Karena selain dapat melahirkan bibit-bibit unggul yang bisa mengharumkan nama daerah dan negara. Sepak bola juga dapat membangkitkan semangat persaudaraan dan menghilangkan egoisme. Jiwa kebangsaan pun akan semakin kuat," tambahnya. 

Isnanta mengaku bangga karena penyelenggaraan LSP Piala Menpora semakin diminati masyarakat. Tak hanya itu, kompetisi usia muda ini telah berkontribusi memasok pemain untuk timnas Indonesia U-16 yang dibesut oleh Fakhri Husaini.

Ia mengajak 371 kabupaten/kota lain yang sudah mendaftar untuk memulai memaksimalkan sinergi dengan seluruh stakeholder di daerah masing-masing. Sementara bagi kabupaten/kota yang belum menyelenggarakan, ia meminta mereka menyiapkan diri untuk tahun mendatang.

Pujian dilontarkan Asdep Olahraga Pendidikan Kemenpora, Arifin Majid terhadap Kisaran.  "Persiapan panitia cukup bagus, begitu pula dengan masyarakatnya sangat antusias. Dari 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan, hampir 90 persen ikut," kata dia.

Ia kagum dengan kemampuan para pemain dari tim-tim peserta. Menurut dia, ini pertanda bahwa pembinaan di Asahan berjalan dengan baik.

"Nantinya para juara dari tingkat kabupaten/kota berhak maju ke putaran final tingkat provinsi. Selanjutnya, juara di tingkat provinsi berhak melaju ke putaran final yang akan digelar di Magelang, Jawa Tengah bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada tanggal 9 September," tutup pria asal Makassar ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement