Ahad 04 Jun 2017 21:13 WIB

Inasgoc: Maret, Batas Akhir Uji Coba Asian Games

Ketua Umum Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua Umum Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) 2018 memutuskan Maret 2018 akan menjadi batas akhir penyelenggaraan Kejuaraan Uji Coba Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta.

"Penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games pada Maret 2018 masih aman bagi kami untuk mengevaluasi kelemahan dan kekuatan penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018," kata Ketua Inasgoc Erick Thohir di Jakarta, Ahad (4/6).

Erick mengatakan kejuaraan uji coba bertujuan untuk mengevaluasi persiapan penyelenggaraan Asian Games dengan menggelar kejuaraan internasional 10 cabang olahraga pada November 2017 hingga Maret 2018.

"Durasi kejuraan uji coba untuk masing-masing cabang olahraga itu sekitar 10-15 hari. Tapi, kejuaraan uji coba itu tidak bertujuan prestasi olahraga kita," kata Erick.

Inasgoc, lanjut Erick, semula memperkirakan penyelenggaraan kejuaraan uji coba pada Januari 2018 menyusul penyelesaian renovasi sejumlah gelanggang olahraga di komplek Gelora Bung Karno Jakarta pada Desember 2017.

"10 cabang olahraga yang akan menggelar kejuaraan uji coba juga harus memastikan tidak ada kejuaraan internasional lain pada saat yang sama dengan penyelenggaraan kejuaraan uji coba itu," kata Erick.

Evaluasi persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 dalam kejuaraan uji coba antara lain kesiapan penggunaan gelanggang dan fasilitasnya, kesiapan penggunaan wisma atlet dan fasilitasnya, jumlah konsumsi, durasi transportasi dari wisma atlet Kemayoran menuju Senayan, hingga aspek keamanan.

Ke-10 cabang yang akan menggelar kejuaraan uji coba Asian Games 2018 adalah sepak bola, atletik, panahan, bulutangkis, basket, tinju, pencak silat, taekwondo, voli indoor, dan angkat besi.

Laporan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait perkembangan infrastruktur Asian Games 2018 pada Senin (29/5), dua gelanggang yang dijadwalkan selesai renovasi pada 8 Oktober adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan gelanggang Akuatik. Sedangkan Stadion Istora akan selesai direnovasi pada 8 November.

Sementara, lima gelanggang lain seperti Stadion Atletik Madya, Stadion Basket, Stadion Sofbol dan Baseball, fasilitas latihan, paket penataan kawasan Gelora Bung Karno zona 1 dan zona 2, serta kawasan Wisma Atlet Kemayoran akan selesai pada Desember 2017.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaporkan hanya dua gelanggang yang akan selesai direnovasi pada 10 Juni 2017 yaitu lapangan hoki, lapangan ABC, dan lapangan tenis indoor dan outdoor. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement