Kamis 08 Jun 2017 07:36 WIB

Gol Bunuh Diri Gimenez Bantu Italia Atasi Uruguay

Penyerang Italia Eder merayakan golnya ke gawang Uruguay.
Foto: EPA/SEBASTIEN NOGIER
Penyerang Italia Eder merayakan golnya ke gawang Uruguay.

REPUBLIKA.CO.ID, NICE -- Gol bunuh diri bek Jose Gimenez pada awal laga membantu Italia memetik kemenangan meyakinkan 3-0 atas Uruguay dalam pertandingan persahabatan di Allianz Riviera, Nice, Kamis (8/6) dini hari WIB. Dua gol lainnya dari Azzurri tercipta pada 10 menit terakhir, melalui sundulan penyerang kelahiran Brasil Eder dan penalti Daniele De Rossi.

Hasil ini merupakan kekalahan kelima berturut-turut bagi Uruguay, sementara Italia memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi sembilan pertandingan.

Ini menjadi pertemuan pertama kedua belah pihak sejak pertandingan kontroversial mereka di Piala Dunia 2014 saat penyerang Uruguay Luis Suarez menggigit bek Italia Giorgio Chiellini.

Insiden tersebut dilewatkan oleh petugas pertandingan namun Suarez kemudian diskors dari sepak bola selama empat bulan dan dilarang tampil dalam sembilan laga internasional.

Suarez melewatkan pertandingan persahabatan ini karena cedera sementara Chiellini masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Italia unggul pada menit ketujuh saat Lorenzo Insigne melepas bola panjang ke depan. Andrea Belotti menyambutnya dengan kontrol dada sempurna. Namun saat hendak menguasai bola dengan kakinya, Gimenez berusaha menghalaunya. Malang, sepakan keras Gimenez justru mengarahkan bola ke gawang dan melewati kiper Fernando Muslera.

Italia kemudian memiliki beberapa serangan yang menjanjikan, tapi tak cukup merepotkan Muslera sebelum turun minum.

Uruguay yang juga tanpa Edinson Cavani karena cedera, mengambil kendali pada babak kedua. Pemain la Celeste Martin Caceres menjebol gawang Italia yang dijaga Gianluigi Donnarumma tapi dianulir karena melakukan pelanggaran terhadap Riccardo Montolivo.

Italia akhirnya menambah gol pada menit ke-83 saat Eder mengubah bola tembakan Manolo Gabbiadini ke gawang dengan sundulan jarak dekat. De Rossi kemudian mencetak gol dari titik putih tiga menit injury time laga berjalan setelah Stephan El Shaarawy diganjal Gimenez yang tampaknya bernasib sial pada laga ini.

Setelah ini, skuat Italia akan kembali ke negaranya menuju Kota Udine. Azzurri akan menghadapi Liechtenstein pada laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa pada Senin (12/6) dini hari WIB.

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement