Kamis 08 Jun 2017 07:53 WIB

Ventura Puas Italia Penuhi Targetnya dengan Atasi Uruguay

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Giampiero Ventura
Foto: AP Photo/Claude Paris
Giampiero Ventura

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, NICE -- Tim nasional Italia berhasil menaklukkan Uruguay dengan skor 3-0 pada laga persahabatan di Allianz Riviera, Nice, Kamis (8/6) dini hari WIB. Pelatih Italia Giampiero Ventura puas karena merasa Gli Azzurri perlahan meraih target yang telah ditetapkan.

Hal yang paling penting dari laga tersebut menurutnya, yaitu membangun mentalitas dan kepercayaan diri pemain. Karena biasanya, kata dia, Italia tidak pernah bagus dalam laga persahabatan.

"Kami memiliki pendekatan yang tepat, tidak membiarkan kesempatan pada gawang kami, memilki enam atau tujuh peluang dan bermain dengan tingkat ketajaman tertentu," kata Ventura kepada Rai Sport, dilansir dari Football Italia, Kamis (8/6).

Ventura menggunakan formasi 4-2-4 pada laga kemenangan itu. Pelatih berusia 69 tahun tersebut merasa senang dengan cara bermain anak-anak asuhnya, tapi mengakui harus banyak yang mesti dibenahi jika tetap mengusung formasi yang sama menghadapi laga ketat melawan Spanyol pada September.

"Ada banyak hal untuk dikerjakan, tapi sayangnya tak banyak waktu untuk itu. Tapi kami ingin menegaskan cara kami bermain, kesatuan tim, bentuk kami, Saya bahagia, di atas segalanya semua pemain seharusnya gembira," kata dia.

Di menegaskan di Italia pemain dianggap bagus atau buruk berdasarkan satu tembakan. Sementara tim yang bagus atau buruk, menurutnya, tergantung satu hasil. Karena, ia mengakui sulit untuk membuat permainan satu tim terorganisasi dalam waktu singkat.

Ventura memuji Barzagli dan Bonucci yang baru tiba di Nice hanya 48 jam sebelum pertandingan. Namun, mereka dinilai memiliki mentalitas yang tepat dan bermain sesuai dengan formasi yang telah ditetapkan dengan sangat baik.

"Kami punya kesempatan untuk menjadi sesuatu yang penting pada masa depan, tapi sesuatu yang amat penting ada lebih jauh di depan," tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement