Ahad 11 Jun 2017 22:41 WIB

Gol Tunggal Maitimo Bawa Persib Bungkam Persiba

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Raphael Maitimo
Foto: Mahmud Muhyidin
Raphael Maitimo

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung berhasil memetik tiga angka penuh saat menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Ahad (11/6). Maung Bandung menaklukkan tamunya dengan skor tipis 1-0 pada laga pekan kesepuluh berkat gol Raphael Maitimo pada menit ke-87.

Kemenangan ini membawa Persib naik ke peringkat enam klasemen dengan nilai 16. Terpaut empat angka saja dari pimpinan klasemen sementara PSM Makassar

Persib bermain ngotot sejak kick-off. Mereka bernafsu membuat keunggulan demi mencatatkan kemenagan. Empat laga sebelumnya Persib tak pernah menang. 

Peluang pertama didapatkan Persib lewat marquee player Michael Essien pada menit ke empat. Bekas pemain Chelsea menyundul bola hasil tendangan bebas Dedi Kusnandar. Sundulan Essien menyamping di sisi kanan gawang tim Beruang Madu.

Satu menit kemudian Shohei Matsunaga yang menusuk dari sisi kiri. Pemain asal Jepang itu melepaskan umpan silang ke sisi kanan menuju Billy Keraf. Billy mencungkil bola, tapi masih melambung di atas mistar gawang Persiba. 

Persiba baru mulai menemukan ritme permainanya sejak menit ke-14. Kapten Marlon Silva menyambut umpan rekanya dari sisi kiri pertahanan Persib dengan sundulan. Beruntung bagi tuan rumah, bola belum terarah.

Pasukan Milomir Seslija kembali mengancam pada menit ke-33 lewat gelandang Anmar Almubaraki. Pemain asal Timur Tengah itu melepaskan tendangan mendatar yang meluncur di sisi kiri gawang I Made Wirawan. 

Marlon kembali lagi mencemaskan ribuan bobotoh pada menit kesepuluh. Dengan tenang striker asal Brasil itu menusuk ke kotak penalti Persib dan melepaskan tendangan terukur. Untung lagi Made sudah membaca arah bola dan dengan bagus jatuh ke pelukannya. 

Sepanjang babak pertama, Tim Selicin Minyak mencatatkan dua tendangan tepat sasaran ke gawang. Sementara Persib gagal shot on goal walau banyak menghadirkan ancaman.

Pada babak kedua Persib masih mempertahankan intensitas serangan. Sejumlah peluang dihasilkan Persib lewat Atep dan Essien. Peluang emas untuk unggul tercipta pada menit ke-81 saat Wildansyah dilanggar di kotak penalti. Namun Vladimir Vujovic yang menjalankan tugas sebagai ekskutor gagal karena tendangannya ditepis kiper Persiba. 

Barulah pada menit ke-87 Persib memecah kebuntuan. Bermula dari sepakan pojok Dedi Kusnandar yang mendapatkan bola dari sisi kiri mengumpan ke mulut gawang. Maitimo memenangkan duel  udara dan menyundul ke arah tiang jauh. Bola sempat menyentuh tiang sebelum jatuh ke dalam gawang Persiba. Gol Maitimo itu disambut dengan meriah oleh semua pemain, ofisial dan ribuan bobotoh. 

Ini merupakan kemenangan perdana Persib setelah tak pernah menang dalam empat laga sebelumnya. Bagi Maitimo, ini adalah gol pertamanya untuk Maung Bandung di Liga 1.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement