Senin 12 Jun 2017 07:47 WIB

Tahan Austria, Irlandia Kukuh di Puncak Klasemen

Reaksi pemain Republik Irlandia, Shane Duffy (tengah) di antara para pemain Austria pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Dublin, Ahad (11/6). Laga berakhir imbang 1-1.
Foto: EPA/Aidan Crawley
Reaksi pemain Republik Irlandia, Shane Duffy (tengah) di antara para pemain Austria pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Dublin, Ahad (11/6). Laga berakhir imbang 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Penyerang Irlandia, Jon Walters mencetak gol penyama kedudukan pada menit akhir yang memuncaki permainan tidak kenal menyerah timnya untuk membawa mereka bermain imbang 1-1 dengan Austria pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018, di Dublin, Ahad (11/6). Martin Hinteregger membawa tim tamu unggul melalui sepakannya pada menit ke-31.

Austria sepertinya akan memenangkan pertandingan sampai akhirnya Walters berlari mengejar bola panjang, memenangi duel fisik dengan seorang pemain bertahan, dan melepaskan tembakan yang berbuah gol saat laga tinggal menyisakan lima menit. Gol ini mempertahankan rekor tidak terkalahkan Irlandia di kandang sendiri pada sembilan pertandingan kompetitif internasional, sejak Martin O'Neill ditunjuk menjadi pelatih timnas pada akhir 2013.

Irlandia berusaha mengubah pertandingan menjadi duel fisik, namun Austria justru mampu mencetak gol terlebih dahulu. David Alaba mengirimkan bola tendangan sudut mendatar ke tengah kotak penalti, Sebastian Proedl membiarkan bola melewati sela-sela kakinya dan Hinteregger menyambutnya untuk mengemas gol dari jarak 12 meter.

Irlandia tampil lebih berbahaya pada babak kedua ketika Austria ditekan dengan umpan-umpan silang menuju kotak penaltinya. Stefan Lainer nyaris melakukan gol bunuh diri namun tidak lama kemudian menyelamatkan Austria dengan menyundul keluar bola Kevin Long dari garis gawang.

Austria memiliki dua peluang untuk mengamankan kemenangan, ketika Valentin Lazaro gagal melakukan kontak dengan bola yang dikirim melewati mulut gawang, dan tembakan pemain pengganti Florian Grillitsch dapat digagalkan oleh Darren Randolph. Mereka harus membayar sejumlah kegagalan itu ketika Walters mengejar bola panjang pada menit ke-85.

Awalnya bola itu terlihat tidak berbahaya. Namun, Aleksandar Dragovic gagal mengamankannya dan Walters mencuri bola darinya dan melepaskan tembakan melewati kiper Heinz Lindner dari tepi kotak penalti. Irlandia berpikir mereka meraih kemenangan ketika sundulan Shane Duffy menyambar bola liar dari jarak dekat masuk ke gawang lawan, namun gol itu tidak disahkan karena adanya pelanggaran.

Irlandia untuk sementara memuncaki klasemen Grup D dengan 12 angka, unggul satu angka atas Serbia yang juga bermain imbang 1-1 lawan Wales. Austria, yang terakhir kali bermain di Piala Dunia pada 1998, menghuni posisi ketiga dengan delapan angka, unggul satu angka atas Wales.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement