Selasa 13 Jun 2017 09:41 WIB

Puerto Riko Andalkan Keunggulan Postur Tubuh Atas Indonesia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Timnas Puerto Riko
Foto: Twitter/@PSSI_FAI
Timnas Puerto Riko

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Fisik para pemain timnas Puerto Riko, menjadi keunggulan sendiri bagi kesebelasan tersebut, saat bertanding melawan skuat Garuda Indonesia. Tim kepelatihan Carlos Cantarero tersebut, bakal menguji tanding kualitas permainan kesebelasan pelatih Luis Milla Aspas pada Selasa (13/6).

Laga persahabatan antara Indonesia dan Puerto Riko di stadion Maguwoharjo, Yogyakarta kali ini, merupakan perjumpaan pertama kedua kesebelasan. Pemain gelandang tamu, Emmanuel D'Andrea mengatakan, timnya punya modal kemenangan dengan postur tinggi badan. "Ya, kami melihat ini (keunggulan fisik) sebagai satu kelebihan dari kami (dari Indonesia) untuk memenangkan pertandingan," ujar D'Andrea, saat konpers pralaga di Yogyakarta, seperti dalam rilis resmi PSSI, pada Senin (13/6).

Pemain 22 tahun tersebut mengatakan, postur yang lebih tinggi, akan membuat para pemain tamu, lebih mudah dengan situasi bola-bola dari sepakan pojok atau sepakan bebas. Namun, penjaga gawang tamu, Cod Laurendy menilai berbeda. Kata dia, timnas Indonesia punya keunggulan dengan permainan yang cepat.

Pengamatan Laurendy, para pemain tuan rumah, punya dominasi penguasaan bola yang baik saat pertandingan.

Sebab itu, kata dia, timnya tetap harus tampil maksimal jika ingin pulang dengan kemenangan. "Kami tetap harus bermain seratus persen jika ingin menang," ujar dia.

Pelatih Canterero, menambahkan, menang atau kalah dalam laga kali ini, menjadi persoalan nomor dua bagi skuatnya. Sebab kata dia, pertandingan kali ini, hanya ingin saling membagi pengalaman tentang kualitas sepak bola dari negara masing-masing.

Menurut dia, timnya pun tak punya target dalam laga kali ini. Satu yang dia inginkan, hanya agar para pemainnya menjadikan pertandingan kedua kesebelasan, sebagai proses belajar. "Kami melihat pertandingan ini, sebagai pelajaran dan persiapan untuk perkembangan timnas kami. Kami serupa dengan Indonesia, ingin membentuk timnas yang siap dan kuat," ujar dia.

Pelatih Milla, pun mengatakan ungkapan serupa. Pelatih dari Spanyol tersebut, mengerti dengan keinginan masyarakat sepak bola di dalam negeri, yang menghendaki kemenangan di laga kali ini. Tapi lebih dari itu, mantan pelatih Real Zaragoza tersebut menambahkan, laga menjamu Puerto Riko kali ini, hanya sebatas untuk melihat perkembangan tim asuhannya.

Menjamu Puerto Riko kali ini, menjadi uji coba yang ketiga timnas Indonesia selama Milla melatih. Pekan lalu, skuat Garuda Indonesia, berhasil menundukkan Kamboja dengan skor 2-0 saat laga di Stadion Nasional Phnom Penh. Namun, tim Merah Putih, kandas 1-3 saat menjamu Myanmar, pada Maret lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement