Kamis 15 Jun 2017 23:00 WIB

Tanjung Lesung Tuan Rumah Rhino Cross Triathlon

Presiden Joko Widodo melihat maket pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Presiden Joko Widodo melihat maket pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung, Banten, bakal menjadi tuan rumah kejuaraan bergengsi Rhino Cross Triathlon, yang merupakan ajang kejuaraan nasional triathlon pertama di Indonesia, pada 24 September 2017.

Pengelola Kawasan Tanjung Lesung Poernomo Siswoprasetijo, dalam keterangan resmi, Kamis (15/6), mengatakan kejuaraan ini merupakan rangkaian Tanjung Lesung Festival 2017, 22-24 September 2017.

"Kejuaraan ini akan melombakan cabang olahraga renang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung. Target kami bisa menghadirkan peserta baik dari dalam dan luar negeri," katanya.

Menurut dia, berdasarkan kajian yang telah dilakukan menunjukkan kalau olahraga saat ini sudah menjadi daya tarik wisatawan, terutama dari mancanegara. Rhino Cross Triathlon dijadikan media untuk lebih menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia.

Tidak hanya keindahan alam, Poernomo, peserta kejuaraan nantinya bakal disuguhkan keramahtamahan khas Banten dan budaya khas yang melegenda.

Selain Rhino Cross Triathlon, Tanjung Lesung Festival juga menggelar kegiatan yang lain seperti pengenalan budaya hingga pameran kuliner. Selain itu dijadwalkan pemecahan rekor nasional penyelam termuda pengibar bendera Merah Putih di laut Selat Sunda.

Direktur kejuaraan Rhino Cross Triathlon Tense Manalu menjelaskan jika kejuaraan yang digelar merupakan yang pertama digelar di Indonesia. Kejuaraan ini digelar karena penggemar olahraga multi talenta ini berkembang pesat di Tanah Air.

"Selama ini banyak orang Indonesia yang mengikuti cross triathlon di luar negeri. Makanya dengan program ini mereka bisa lebih fokus dan tertantang untuk menjadi yang terbaik," kata Tense. 

Tense menjelaskan, pada kejuaraan ini akan mempertandingkan tiga kelompok umur yang diikuti oleh perorangan dan regu estafet, yaitu Open untuk peserta berumur 20-39 tahun, Master untuk 40 tahun keatas serta Youth untuk yang berusia 13-19 tahun. 

 

Selain Rhino X-Tri, Tanjung Lesung Festival juga menggelar ajang kejuaraan olahraga lainnya yaitu Mountain Bike Cross Country Marathon dan Sunset Trail Run.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement