Ahad 25 Jun 2017 00:09 WIB

Portugal dan Meksiko ke Semifinal Piala Konfederasi

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) mengejar bola dibayangi seorang pemain Selandia Baru pada laga Grup B Piala Konfederasi di Stadion St Petersburg, Sabtu (24/6). Portugal menang 4-0.
Foto: AP Photo/Ivan Sekretarev
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) mengejar bola dibayangi seorang pemain Selandia Baru pada laga Grup B Piala Konfederasi di Stadion St Petersburg, Sabtu (24/6). Portugal menang 4-0.

REPUBLIKA.CO.ID, PETERSBURG -- Portugal dan Mekiko sukses melangkah ke partai semifinal Piala Konfedrasi 2017. Kedua tim memastikan lolos setelah mengalahkan lawan-lawannya pada laga pamungkas Grup A, Sabtu (24/6). Portugal mencukur Selandia Baru 4-0, sementara Meksiko mengatasi tuan rumah Rusia 2-1.

Portugal tampil agresif sejak awal babak pertama. Statistik mencatat Cristiano Ronaldo dkk mampu melepaskan lima tembakan mengarah ke gawang dari 10 peluang.

Tekanan tampak membuat Selandia Baru kesulitan membangun serangan. Mereka hanya mampu menciptakan satu tembakan mengarah ke gawang dari tiga peluang.

Meski demikian, Portugal sempat dibuat kesulitan menembus pertahanan Selandia Baru. Buktinya, mereka baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-33 lewat tendangan penalti Cristiano Ronaldo.

Hukuman penalti harus diterima Selandia Baru setelah pemain mereka menjatuhkan Danilo Pereira di dalam kotak penalti pada menit ke-32. Ketika itu, Danilo siap menyambut umpan dari Ricardo Quaresma.

Portugal tak butuh lama untuk menambah keunggulan. Tepatnya pada menit ke-37, Selecao das Quinas membobol gawang Selandia Baru lewat Bernardo Silva yang menyambut umpan Eliseu.

Memasuki interval kedua tim besutan Fernando Santos kembali unggul dua gol atas Andre Silva pada menit ke-80 dan Luis Nani pada injury time.

 Sedangkan pada partai lain, hasil positif juga diraih Meksiko. El Tri Color membawa mereka sebagai pendamping Portugal menuju babak empat besar. Meksiko, yang pada dua laga sebelumnya bermain imbang 2-2 melawan Portugal dan menang 2-1 atas Selandia Baru, kalah selisih gol sehingga harus menjadi runner-up.

Portugal dan Meksiko akan menantikan lawan mereka yang baru akan ditentukan pada Ahad (25/6). Portugal akan menghadapi runner up Grup B, sementara Meksiko menantang juara Grup B.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement