Rabu 05 Jul 2017 17:57 WIB
Liga 1 Indonesia

Bali United Tundukkan Persiba, 2-0

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Liga 1
Foto: Ist
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bali United berhasil meraih tiga angka dari hasil laga lawan  Persiba Balikpapan. Laga kedua kesebelasan pada pekan ke-12 Liga 1 2017, berakhir dengan skor 2-0.

Saat kedua kesebelasan bertanding di stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (5/7), Bali United menerapkan permainan 4-3-1-2. Pelatih Widodo, mengandalkan duet striker Irfan Bachdim dan Sylvano Comvalius. Sedangkan pelatih, Milomir Seslija, mengandalkan serangan balik berpola 4-3-2-1, dengan Marlon da Silva Moura sebagai bomber.

Bali United, sejak awal pertandingan sudah tampil menekan. Permainan tuan rumah, mampu mendikte lawan. Sepuluh menit pertama, dua peluang membuka keunggulan dari tim tuan rumah. Tapi, sayang belum menghasilkan gol.

Permainan dengan taktik bertahan dari Persiba, juga mencoba beberapa kali mendapat kesempatan lewat serangan balik. Akan tetapi, para pemain Beruang Madu tersebut, juga belum ampuh menembus lini pertahanan tim tuan rumah. Sampai menit pertandingan sudah setengah jam, papan skor masih tanpa gol.

Pada menit ke-36, wasit Thoriq Alkatiri memberi keuntungan bagi Persiba. Yaitu, ketika pemain bertahan Ngurah Wahyu, mendorong keras gelandang Heri Susanto. Sepakan ke arah gawang milik Persiba dilakukan oleh gelandang Masahita Noto.

Sepakan pemain asal Jepang tersebut, tepat ke arah gawang. Tapi, kiper Wawan Hendrawan mampu mengantisipasi dengan meninju bola. Bola sempat liar di depan gawang dan membuat kemelut. Ada gelandang Anmar Almubaraki yang mendapatkan bola dan peluang mencetak gol. Tapi sayang, sepakannya malah membuat bola keluar lapangan.

Persiba juga punya kesempatan mencetak gol pada menit ke-39. Lagi-lagi lewat sepakan hukuman yang dilakukan gelandang Taufik terhadap Marlon. Masahita kembali mengambil sepakan ke arah gawang. Sepakannya, pun kembali tepat ke arah gawang. Tapi, kembali Wawan berhasil mempertahankan gawang tak kebobolan.

Upaya kedua kesebelasan mncetak gol, kerap gagal sepanjang babak pertama. Sampai 45 menit waktu pertandingan, skor tetap imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, pelatih Seslija mencoba mengubah komposisi pemainnya. Menit ke-46, pemain bertahan Yudi Khoerudin, menggantikan posisi Absor Fauzi. Sementara pelatih Widodo, masih mempercayai para pemainnya.

Bali United masih mengandalkan permainan menekan pada awal babak kedua. Beberapa serangan di awal pertandingan, mampu menembus lini pertahanan tim tamu. Hasilnya, pada menit ke-49, Bali United berhasil mencuri kesempatan membuka keunggulan. Yaitu, ketika gelandang bertahan Fadil Sausu mengumpan jauh bola ke depan.

Ada gelandang tengah Nick Van Der Velden yang menerima bola dan langsung menendangnya ke arah gawang. Sepakan keras pemain dari Belanda tersebut, membikin kaget kiper Ywanto Stya Beny yang tak sigap. Kecerobohannya itu, membuat gawangnya kebobolan. Skor 1-0 pada menit ke-49.

Pelatih tamu, kembali mengubah pemainnya pada menit ke-58. Gelandang tengah Heri Susanto ditarik keluar dan digantikan Tedi Hasanudin. Namun pergantian tersebut, belum mampu membikin perubahan permainan tim tamu. Alih-alih membalas gol, Persiba kembali kebobolan pada menit ke-64.

Gol kedua milik Bali United, dibikin oleh striker Sylvano Comvalius. Dia berhasil memanfaatkan umpan baik dari gelandang Marcos Abel Flores. Skor menjadi 2-0.

Pada menit ke-73, Widodo melakukan pergantian pemainnya, dengan menarik bek kanan I Made Andhika Wijaya dan memainkan Dias Angga Putra. Pergantian pemain tersebut, dijawab Seslija dengan menarik gelandang kiri, Siswanto dan memainkan striker cadangan, Bijahil Chalwa.

Namun, usaha Persiba memainkan striker tambahan, tetap tak mampu membayar selisih gol. Pada menit ke-80, skor tetap 2-0. Pelatih Widodo, pun mulai meminta para pemainnya agar betahan. Dia melakukan pergantian pemain dengan menarik Marcos Abel, menggantinya dengan Syakir Sulaiman.

Sepuluh menit tersisa, Bali United menurunkan ritme pertandingan menjadi lebih lambat. Sementara Persiba, tak mampu memanfaatkan waktu tersisa agar membikin rapat selisih gol. Sampai pertandingan usai, skor tetap 2-0.

Kemenangan Bali United kali ini, menjadi kemenangan kandang yang keempat kali dari enam partai kandang yang sudah dilakoni. Perolehan tiga angka dari Persiba kali ini, pun mendongkrak posisi Bali United di papan klasemen.

Pekan lalu, Bali berada di peringkat ke-16. Kini, Bali United berada di peringkat ke-7 dengan nilai 19 angka. Sementara Persiba, semakin terperosok ke dasar klasemen, di peringkat ke-18 dengan nilai 4 angka.

Video cuplikan laga dan gol Bali United vs Persiba Balikpapan. (Sumber: Youtube)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement