Rabu 05 Jul 2017 20:51 WIB

Kalahkan PSM, Persib Naik ke Peringkat Delapan Liga 1

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Liga 1
Foto: Ist
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung berhasil memenangkan laga kandang menjamu PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (5/7). Maung Bandung menang dengan skor tipis 2-1.

Gol kemenangan Persib dicetak Shohei Matsunaga pada menit ke-38 dan Atep pada menit ke-54. Satu-satunya balasan Juku Eja dicetak marquee player adal Belanda Willem Jan Pluim pada menit ke-72. Kemenangan ini menaikkan posisi Persib ke peringkat delapan klasemen sementara Liga 1.

Pangeran Biru sudah mengoleksi 19 angka. Terpaut empat angka dari PSM yang masih aman di posisi puncak klasemen sementara. PSM hanya unggul satu angka dari peringkat dua Madura United.

Pertandingan antara Persib melawan Ayam Jantan dari Timur berjalan alot dan menarik. Kedua tim tak segan melancarkan aksi saling serang sejak babak pertama. Essien menjadi pemain yang paling banyak mencatatkan peluang.

Bekas bintang Timnas Ghana ini mendapat sekitar tiga peluang. Dua tembakan mengarah ke gawang dan satu sundulannya melenceng tipis di sisi kanan gawang Juku Eja. Gol yang dicetak Shohei terjadi berkat aksi Supardi yang menyisir lapangan dari sisi kanan lapangan. Supardi melepaskan umpan menyusur tanah ke tengah yang awalnya ditujukan kepada Essien.

Essien gagal menjangkau bola karena ia terlalu maju ke mulut gawang. Tapi di sisi kanan gawang PSM sudah bersiap Shohei yang berdiri tanpa kawalan. Pemain asal Jepang itu tanpa ampun menghujam gawang PSM yang dijaga Syaiful dengan sepakan keras kaki kanan.

PSM menyulitkan barisan pertahanan Maung Bandung lewat aksi Reinaldo Costa, Ferdinand Sinaga dan M Rahmat. Untungnya barisan bek-bek Persib yang dikomandoi Vladimir Vujovic dan aksi-aksi kiper I Made Wirawan masih dapat mengamankan gawang Persib.

Pada babak kedua, tempo permainan tetap tinggi. Shohei nyaris saja menggandakan meunggulan pada menit ke-53. Sayang, tendangannya melenceng tipis di sisidi sisi kanan gawang Ayam Jantan dari Timur.

Atep tampil sebagai pencetak gol kedua Persib. Berawal dari umpan terobosan cantik Tony di sisi kiri permainan Persib. Atep mengandalkan kecepatannya untuk terus menusuk ke kotak penalti. Hanya beberapa kali gocekan, pemain yang menyandang ban kapten Maung Bandung itu sukses melepaskan tendangan kaki kiri yang tak dapat lagi diantisipasi Syaiful.

Tertinggal dua gol, PSM tetap memberikan perlawanan dengan kepala tegak. Reinaldo Costa dan kawan-kawan tetap sabar mencari celah memperkecil keadaan. Upaya PSM baru berhasil pada menit ke-72.

Pluim secara tak diduga melepaskan tendangan keras berkelas dari lapangan tengah. Tendangan bekas pemain Eredivisie Belanda itu meluncur deras ke sisi tengah gawang Persib. Made Wirawan tak dapat menjangkau sehingga ia harus rela kebobolan malam ini. Gol Pluim menjadi gol penutup pada laga big match ini.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement