Selasa 11 Jul 2017 14:44 WIB

'VAR Perlu untuk Anulir Keputusan Wasit Liga 1 yang Ngawur'

Rep: Frederikus Dominggus/ Red: Andri Saubani
Model menunjukan kaos wasit dan bola yang akan digunakan dalam penyelenggaraan kompetisi Liga 1 di Jakarta, Senin (10/4).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Model menunjukan kaos wasit dan bola yang akan digunakan dalam penyelenggaraan kompetisi Liga 1 di Jakarta, Senin (10/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola  nasional, Yusuf Kurniawan menilai kinerja perwasitan Tanah Air pelu dibenahi. Ia berpendapat, sudah saatnya kompetisi liga dalam negeri menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). "Kita harus melangkah maju ke depan. Dengan membuka wacana untuk VAR, penting juga untuk menganulir keputusan-keputusan wasit yang ngawur," kata Yusuf saat dihubungi Republika, Selasa (11/7).

Ia mengatakan, wacana tersebut sejak beberapa tahun lalu sudah terdengar. Namun, hingga saat ini belum terealisasi. "Dari dulu dari zaman PT Liga wacana mau menerapkan teknologi, tapi sampai sekarang mana? Sementara wasit kita kualitasnya downgrade banget, kalau nggak dibantu dengan elemen lain dan orangnya ini-ini terus," tutur Yusuf.

Baca juga, Kredibilitas Wasit Lokal Liga 1 Memprihatinkan.

Ia menegaskan, level sebuah kompetisi terlihat dari kepemimpinan pengadil. Dalam visi mengembangkan sepak bola yang bersih dan bermartabat, PSSI menurutnya perlu mempertimbangkan hal ini.

Selama ini, wasit yang terbukti bersalah hanya disanksi tidak boleh memimpin empat hingga lima laga. Menurutnya hal itu tidak memberikan efek jera hingga menghasilkan mental yang lebih baik.

Ia juga mendorong agar di partai-partai besar yang berpotensi mengundang animo penonton berlebih, perlu memakai jasa wasit asing. Pasalnya, menurut dia orang luar bebas dari kepentingan dan kelompok apa pun dalam sepak bola Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement