Jumat 21 Jul 2017 04:59 WIB

Kepergian Bonucci Tandai Akhir Era Trio Bek BBC

Leonardo Bonucci di markas Milan.
Foto: Milan TV
Leonardo Bonucci di markas Milan.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Salah satu lini belakang paling tangguh dan bertahan lama di sepak bola Eropa secara resmi telah pecah pada Kamis (20/7), ketika AC Milan mengonfirmasi bahwa mereka telah menyelesaikan proses perekrutan Leonardo Bonucci dari Juventus.

Bonucci merupakan bagian dari apa yang dijuluki sebagai pertahanan BBC di Juventus bersama dengan Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini. Mereka telah bersama-sama sejak 2010 dan membantu klub mereka memenangi enam gelar terakhir Liga Italia.

Juventus juga mencapai dua final Liga Champions dalam tiga musim terakhir, di mana mereka kalah dari Barcelona dan Real Madrid.

Pemain internasional Italia Bonucci, dengan catatan 70 penampilan timnas, mengukir 319 penampilan untuk klub asal Turin tersebut.

Ia bergabung ke Milan pekan lalu dengan biaya transfer 42 juta euro (Rp 650 miliar) -- nilai transfer tertinggi di Liga Italia pada bursa transfer musim panas sejauh ini -- yang masih tertunda pemeriksaan medis.

Ketika klub meresmikan kepindahan itu pada Kamis, pelatih Milan Vincenzo Montella menyebut Bonucci sebagai bek tengah terbaik di dunia bersama dengan Sergio Ramos asal Spanyol.

"Bagi saya, merupakan mimpi untuk dapat melatih dia," ucapnya pada situs resmi Milan.

Keputusan Bonucci untuk meninggalkan Juventus yang dominan ke klub yang menghabiskan beberapa musim terakhir di papan tengah mengejutkan banyak pengamat. Padahal ia dapat memilih untuk pergi ke klub papan atas di Spanyol atau Inggris.

Milan, bagaimanapun, telah banyak berbelanja menyusul penjualan mereka ke konsorsium pimpinan Cina pada April dengan kesepakatan senilai 740 juta euro.

Mereka juga telah mendatangkan penyerang Portugal Andre Silva, gelandang Turki sekaligus spesialis tendangan bebas Hakan Calhanoglu, bek kiri Swiss Ricardo Rodriguez, dan gelandang Argentina Lucas Biglia.

Total belanja mereka telah mencapai 189,5 juta euro menurut situs spesialis Transfermarkt, berbanding 22 juta euro yang didapat melalui penjualan pemain.

Mereka juga telah merekrut gelandang Pantai Gading berusia 20 tahun Franck Kessie, salah satu pemain paling menjanjikan di Afrika, dengan status pemain pinjaman dari klub Liga Italia lainnya Atalanta.

Milan finis di peringkat keenam di Liga Italia musim lalu, yang membuat mereka berhak lolos ke Liga Europa dan mengakhiri absen tiga tahun dari pentas sepak bola Eropa.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement