Jumat 21 Jul 2017 15:57 WIB

25 Negara Berlaga pada Kejuaraan Triatlon Asia 2017

Rep: Maspril Aries/ Red: Ratna Puspita
Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (kanan) bersama Presiden International Triathlon Union Marisol Casado berfoto bersama atlet Jepang yang menjadi pemenang Kejuaraan Triatlon Asia 2017, Jumat (21/7).
Foto: Istimewa
Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (kanan) bersama Presiden International Triathlon Union Marisol Casado berfoto bersama atlet Jepang yang menjadi pemenang Kejuaraan Triatlon Asia 2017, Jumat (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Aroma dan nuansa Asian Games mulai terasa di komplek Jakabaring Sport Centre (JSC), tempat penyelenggaraan Kejuaraan Asian Triathlon Championships (ASTC) 2017. Selain berkibarnya bendera negara-negara Asia, ASTC juga diikuti atlet-atlet yang berasal dari 25 negara Asia.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dengan didampingi Presiden International Triathlon Union (ITU) Marisol Casado dan Presiden Asian Triathlon Championship (ASTC) Justin Sukwon Park membuka membuka kejuaraan Asian ASTC 2017 di Plaza venue Menembak yang ada dalam komplek JSC, Jumat (21/7). Alex Noerdin dalam sambutannya mengatakan, Pemprov dan masyarakat Sumatera Selatan menyambut baik penyelenggaraaan ajang internasional seperti Kejuaraan Asian Triathlon Championships. 

"Ini menunjukan bukti bahwa Sumatera Selatan siap menyelenggarakan even yang lebih tinggi yaitu Asian Games XVIII pada 2018. Selamat datang peserta ASTC di Bumi Sriwijaya, selamat bertanding mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kejuaraan hingga selesai," kata dia. 

Menurut Alex, ASTC 2017 lebih besar dan semarak dibandingkan kejuaraan serupa pada pada 2013. Pada ASTC 2017 di Palembang diikuti lebih dari 300 atlet yang berasal dari 25 negara dengan 12 negara mengirimkan delegasi sebagai peninjau.

“Terpilihnya Jakabaring Sport City pada pemungutan suara langsung untuk ASTC 2017 karena Jakabaring Sport City merupakan suatu kawasan olahraga dengan fasilitas yang lengkap dan terletak di tengah Kota Palembang. Juga ditambah dengan pengalaman Sumatera Selatan yang sukses melaksanakan 37 even olahraga berkelas dunia,” ujar Alex Noerdin.

Gubernur Sumsel juga menjelaskan kejuaraan Asian Triathlon Championships 2017 merupakan test event dari perhelatan akbar Asian Games 2018. Kejuaraan ini mempertandingkan gabungan dari tiga cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda dan lari. 

Pada nomor putri untuk kategori elite, U-23, dan junior, atlet putri dari Jepang menyapu bersih seluruh medali peringkat 1-3. Atlet Jepang yang turun di tiga kelas tersebut sejak start langsung memimpin pada cabang renang, sepeda dan lari. 

Untuk kategori elite, atlet Jepang Yuko Takahashi meraih medali emas dengan waktu 02.06.31 menit, peringkat kedua dengan medali perak diraih Aoi Kuramoto dengan catatan waktu 02.07.21 dan medali perunggu pada urutan ketiga menjadi milik Sena Takahashi dengan waktu 02.07.50.

Untuk kategori U-23, Hiraku Fukuoka mencatat waktu 02.08.36, Nina Kishimoro dengan catatan waktu 02.12.27 dan urutan Sumiro Ohara dengan waktu 02.13.06. pada urutan ketiga. Kemudian pada nomor junior, peringkat pertama Fuka Sega, kedua Chisaki Matsui dan peringkat ketiga Sarika Nakayama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement