Sabtu 22 Jul 2017 21:48 WIB

Kalahkan Perseru, Borneo FC Belum Terkalahkan di Kandang

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Liga 1
Foto: Ist
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Pusamania Borneo (PB) FC memperpanjang rekor kandang tanpa pernah kalah. Menjamu Perseru Serui di pekan ke-16 Liga 1 2017, kesebelasan berjuluk Pesut Etam tersebut, menang dengan skor 2-0.

Saat laga di stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (22/7), PBFC sebetulnya kesulitan mengalahkan Perseru. Para pemain tamu asuhan pelatih Agus Yuwono, mampu melawan permainan tim tuan rumah, bentukan pelatih Ricky Nelson.

Perseru, setidaknya ampu menahan gawang tak kebobolan sampai setengah jam pertandingan babak pertama. Namun, usaha keras para pemain tuan rumah, berbuah hasil pada menit ke-34. Gol striker Lerby Eliandry, memecah kebuntuan bagi timnya. Skor menjadi 1-0 sebelum turun minum.

Gol Lerby tersebut, menjadi gol yang ke-10 baginya. Itu, sekaligus mencatatkan namanya ke kelompok tiga besar pemain tesubur di Liga 1, sampai setengah musim ini. Gol bikinannya, selisih tiga, dari striker Madura United, Peter Odemwingie, yang sampai pekan ke-16 ini, menjadi pencetak gol terbanyak, dengan 13 gol. Lerby, menjadi satu-satunya, pemain lokal di separuh musim Liga 1 kali ini, yang mencatatkan namanya di tiga besar top skor.

Kembali ke pertandingan, di Segiri, tertinggal satu gol, Perseru tak mampu membalas. Tiga menit setelah gawang Hendra Mole kebobolan, para pemain tuan rumah memperbesar keunggulan. Persisnya pada menit ke-37. Kali ini, gol kedua tercatat atas nama gelandang serang Terens Puhiri. Skor menjadi 2-0 bertahan sampai wasit meminta istirahat.

Pada babak kedua, tak ada siginifikan yang terjadi di lapangan. Perseru, tak mampu memperkecil kekalahan. PBFC tak memberi kesempatan bagi tim tamu kali ini, menjebol gawang yang dijaga Muhammad Ridho. Sejumlah pergantian pemain yang dilakukan oleh pelatih Agus terhadap skuatnya, juga tak mampu mengubah papan skor.

Begitu juga yang dialami PBFC. Meski unggul dua gol, aksi para pemain membuat skor bertambah juga mengalami kegagalan. Rotasi pemain yang dilakukan pelatih Ricky, juga tak membawa hasil apapun. Sampai wasit menghentikan pertandingan, skor 2-0 tetap.

Kemenangan PBFC kali ini, menyapu bersih pertandingan kandang. Dari tujuh kali laga di markas sendiri, PBFC belum pernah kalah. Perolehan tiga kali ini, pun sementara mendongkrak peringkat klasemen PBFC ke peringkat ke-10, dengan 23 angka.

Sementara bagi Perseru, kekalahan kali ini, menambah rentetan hasil buruk. Perseru, masih betah di zona degradasi di peringkat ke-16, dengan nilai 11 angka klasemen sementara.

Klasemen Liga 1 hingga Sabtu (22/7).

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement